medanToday.com,MEDAN – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dan Prananda Surya Paloh Foundation menjalin kerjasama untuk pelaksanaan Lomba Foto Instagram 2019. Lomba foto yang akan dibuka untuk umum tersebut mengangkat tema wisata Kota Medan.

Kerjasama ini terjalin usai melakukan pertamuan di sekretariat PSP Foundation Medan, Senin (4/3). Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua PFI Medan Rahmat Suryadi beserta jajaran pengurus dan OK Fachru Hidayat selaku Dewan Pengawas PSP Foundation, Rudiansyah Sekretaris PSP Foundation, dan Zulfahmi Azwar selaku Bendahara PSP Foundation.

OK Fachru, dalam pertemuan ini menyampaikan kegelisahannya terhadap nasib pedagang tradisional di Pasar Ikan Lama Medan.

“Dulunya pasar ini berjaya. Pembelinya bahkan datang dari Malaysia, tapi sekarang sepi dan para pedagang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman,” ungkapnya.

Selain itu, OK Fachru juga prihatin dengan nasib para pedagang kuliner kaki lima yang ada di Kota Medan.

Selain jarang bisa bersaing dengan pebisnis kuliner bermodal besar, para pedagang kuliner kaki lima juga selalu dibayangi ancaman penggusuran, pungli dari OKP, dan lain sebagainya.

“Padahal soal rasa, pedagang kuliner kaki lima ga kalah enak dari restoran dan kafe-kafe yang bagus. Bahkan rasanya lebih enak. Tapi mereka selalu terpinggirkan dalam hal kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap PFI menggelar lomba foto tentang keberadaan pedagang Pasar Ikan Lama dan pedagang kuliner kaki lima yang ada di Kota Medan.

“Harapannya dengan lomba foto ini, mereka lebih diperhatikan oleh pemerintah,” jelasnya.

Ketua PFI Medan Rahmat Suryadi menyambut baik rencana ini. Menurutnya PFI Medan selain sebagai organisasi profesi, juga punya tanggungjawab moral terhadap nasib kaum marjinal.

Lewat foto, tambah Rahmat, pesannya akan lebih tersampaikan kepada seluruh stakeholder, khususnya pemerintah.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan PSP Foundation untuk memblow-up persoalan sosial di Kota Medan. Detail rencana kegiatan akan segera kami rampungkan dalam waktu dekat,” katanya sambil menambahkan bahwa Ketua Panitia untuk meng-handle acara ini adalah Hermansyah.

Hermansyah mengatakan lomba foto Instagram ini akan dimulai dalam waktu dekat. Tema pertama adalah Pasar Ikan Lama, dan yang kedua adalah pedagang kuliner kaki lima di Kota Medan.

“Peserta umum, dan mengapa lewat instagram, karena saat ini para milenial sangat menggandrungi media sosial instagram. Sehingga efeknya akan lebih besar dan pesertanya bisa lebih banyak,” ungkap pria yang akrab disapa Awot ini.

Menurutnya puncak acara penyerahan hadiah akan direncanakan berlangsung di Taman Ahmad Yani Medan pada 7 April 2019.

“Detail syarat lomba foto instagram akan segera kami share di IG PFI Medan dan PSP Foundation. Selain itu akan ada juga lomba foto on the spot pada puncak acara,” jelasnya.(mtd/min)

=====================

Komentar Anda