Anggota DPR RI, Prananda Surya Paloh (tengah) saat menjadi anggota kehormatan Aljam'iatul Washliyah di Medan, Senin (18/3). MTD/Ist

medanToday.com,MEDAN – Pengurus Daerah Aljam’iatul Washliyah Kota Medan mendoakan Prananda Surya Paloh, anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem agar terpilih kembali dalam pemilihan legislatif pada 17 April 2019 mendatang. Doa tersebut, disampaikan dalam silaturahmi yang digelar di Amaliun Convention, Medan, Senin (18/3) malam.

Selain para pengurus Al Jamiyatul Washliyah Kota Medan, dalam kesempatan itu juga dihadiri Gerakan Pemuda Al Washliyah, Pengurus Muslimah, Ikatan Guru dan Dai, Pengurus Kecamatan dan Ranting.

Ketua Pengurus Daerah Aljam’iatul Washliyah Kota Medan Drs.Azam Nasution mengungkapkan, momentum silaturahmi ini menjadi berkah dalam pertemuan dengan tokoh muda seperti Prananda Surya Paloh (PSP).

Kehadiran Prananda pun dikatakannya menjadi penyemangat buat mereka. Karena masih ada tokoh muda nasional yang mau memperhatikan warga Al Washliyah.

“Ucapkan syukur atas atensinya, kehadiran bung Prananda Paloh menjadi penyemangat menambah ukhuwah Islamiyyah juga ukhuwah wathoniah, yakni hubungan persaudaraan sebangsa” kata Drs. Azam Nasution, Senin (28/3) malam.

Tambahnya, ditengah hiruk pikuk pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) ini, ia mengingatkan, agar yang hadir dalam silaturahmi tidak terpecah. Al Washliyah yang sudah ada sejak 1930 di tengah umat diharapkan menjadi pemersatu.

“Meskipun diantara kita berbeda, sebagai saudara jangan gara -gara pilihan ukhuwah Islamiyyah kita terputus,” pesannya.

Sebagai organisasi independen, lanjutnya pihaknya terus berupaya menjaga ukhuwah islamiyyah juga menjaga ukhuwah wathoniah, Semua pihak adalah bahagian dari Jamiyatul Al Washliyah.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyematan baju hijau kebesaran Aljam’iatul Washliyah. Itu menandai Prananda menjadi Anggota Kehormatan Alwashliyah.

Diharapkan, Prananda ikut berkontribusi guna membangkitkan ekonomi umat, serta pendidikan, dakwah, amal sosial dan amal makrif nahi mungkar. “Serta memberikan pemikiran yang baik. Karena masukan dari orang-orang berpengaruh sangat penting untuk kami,” harapnya.

Ia juga mengingatkan, agar Prananda selalu kedepankan kepentingan umat saat kembali terpilih menjadi wakil rakyat.

Silaturahmi dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Alqur’an. Prananda juga disambut dengan tari persembahan dengan membawa tepak sirih.

Prananda Surya Paloh dalam pidatonya mengaku bangga, tersanjung dan terhormat bisa menjadi keluarga dan anggota kehormatan Al Jamiyatul Al Washliyah.

“Beberapa hari lalu perwakilan (Al Washliyah) datang ke kantor saya. Saya lihat ada hati yang tulus dari percakapan itu, kami sepakat bahwa Islam yang dikomandoi Alwashliyah adalah Islam yang Rahmatan Lil Alamin,” ujarnya.

Prananda juga mengungkapkan bela sungkawa atas kejadian yang menimpa umat muslim di New Zealand. Ia pun menyayangkan peristiwa itu, karena baginya Islam adalah agama damai dan toleran yang memberikan kedamaian di bumi.

Riset dari lembaga di Amerika Serikat, lanjutnya, menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang bertumbuh pesat. Pertumbuhannya di Eropa mencapai 5 sampai 10 persen setahun. “Itu membuktikan bahwa Islam agama yang damai. Tugas kami sesama Muslim adalah memberikan kedamaian dan toleran. Pendiri bangsa ini, Bung Karno dan Bung Hatta (Pancasila) bahwa persatuan kita adalah segalanya. Mayoritas mengayomi yang minoritas,” jelasnya.

“Minoritas boleh beda pilihan, tapi jangan memecah belah. Sebagai muslim, jangan mudah terprovokasi oleh hoaks. Saya yakin itu tidak terdapat di jamaah Al Washliyah, perbedaan pendapat, saling hujat, mendekati masa pilpres. Saya mohon jaga perdamaian di Sumut. Kita tidak rela negara ini terpecah belah, tolong ini di jaga. Saya ucapkan terimakasih, saya merasa terhormat berada di lingkungan Jamiyatul Al Washliyah walaupun apa yang saya berikan tidak berharga. Dan saya berjanji 5 sampai 15 tahun ke depan saya akan perhatikan Sumatera Utara ini,” tandasnya.

Kehadiran Ketua Umum Garda Pemuda NasDem tersebut menjadi kekuatan untuk merawat kebhinekaan. Harapannya kedepan, warga Al Washliyah menjadi corong warga untuk menyampaikan aspirasi kepada Prananda.(mtd/min)

=========================

Komentar Anda