medanToday.com,MEDAN – Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) yang dihelat oleh Garda Pemuda NasDem Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara telah berjalan dua pekan. Sejauh ini antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan PSP Berderma cukup menggembirakan.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Wilayah PSP Berderma Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara, dr. Indri Mahrani, M.Ked (PA) Sp.PA, Selasa (10/08/2021) di Posko PSP Berderma, Jl. HM Yamin Medan.

“Alhamdulillah, kegiatan PSP Bersama Donor Plasma Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara mendapat sambutan baik dari masyarakat. Setiap hari ada saja masyarakat yang mendonorkan darahnya, baik donor biasa maupun donor plasma,” terang dr. Indri Mahrani

Menurut dr. Indri, yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Korwil PSP Berderma, Affandi, ST. MT, apa yang dilakukan oleh Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara adalah salah satu solusi untuk meningkatkan peluang kesembuhan pasien covid-19.

“Donor plasma konvalesen adalah salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari covid-19 kepada pasien covid-19 yang sedang dirawat, sebagai terapi tambahan” jelas Indri Mahrani.

Mengingat menjadi salah satu alternatif paling baik bagi peningkatan angka kesembuhan pasien Covid-19, maka selain donor plasma, Garda Pemuda NasDem juga melakukan sosialisasi soal donor plasma konvalesen ini.

“Kita juga melakukan sosialisasi melalui brosur pada masyarakat akan pentingnya donor plasma konvalesen. Sehingga semakin banyak masyarakat atau pasien sembuh Covid-19 yang tergerak untuk mendonorkan darahnya,” tambah Indri lagi.

Sementara itu, Ketua Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu, SE didampingi pengurus diantaranya Robby Hartono, ST, Syapala, SE, Sulafmi, ST, Juliono, SH, Erick Siburian, Ridho Febrianda, Boy Jasmir, Elviana, Mitha Triana mengatakan bahwa kegiatan PSP Berderma ini bekerja sama dengan PMI Kota Medan.

“Kegiatan Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma, PSP Berderma mendapat dukungan penuh dari PMI Kota Medan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan sukses,” jelasnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk sosialisasi pentingnya donor plasma kepada masyarakat. Sehingga dengan banyaknya pendonor plasma konvalesen dapat meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19.

“Sasaran kita adalah mengajak pasien yang telah sembuh Covid-19 untuk donor plasma. Namun dalam pelaksanaannya kita juga menerima masyarakat yang akan melakukan donor biasa,” katanya.

Ditambahkannya, kegiatan PSP Berderma ini akan digelar sampai 18 Agustus juga merupakan bentuk kepedulian Garda Pemuda NasDem atas kemerdekaan Indonesia ke 76 tahun.

========================

Komentar Anda