Sekretaris TKN: Jokowi Akan Bertindak Cepat Bantu Korban Tsunami Palu & Donggala

Gempa di Palu. ©2018 AFP PHOTO/OLA GONDRONK

medanToday.com, JAKARTA – Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf menyampaikan duka cita mendalam terhadap korban bencana gempa dan tsunami di Donggala, Sulawesi Tengah. Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja, Hasto Kristiyanto meyakini Presiden Joko Widodo bakal tanggap dalam memimpin operasi kemanusiaan menangani korban gempa.

“Kami meyakini bahwa Presiden Jokowi akan bertindak cepat dan memimpin langsung operasi kemanusiaan guna membantu masyarakat Donggala yang menjadi korban bencana tersebut. Pak Jokowi akan menempatkan skala prioritas penanganan korban dengan turun dan memimpin secara langsung operasi kemanusiaan tersebut,” kata Hasto dalam keterangan pers, Sabtu (29/9).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan itu memastikan urusan kampanye bakal ditinggalkan sementara. Dia pun berharap semua pihak dalam satu barisan mendukung penanggulangan bencana yang dilaksanakan Presiden Jokowi. “Mari kita kobarkan solidaritas. Senua saling bahu membahu bersama Presiden Jokowi,” ucapnya.

Hasto menuturkan gempa berkekuatan 7,7 SR yang berdampak tsunami itu, membuat keprihatinan. Dia meyakini pemerintah pusat dan daerah memberikan reaksi cepat dan tepat untuk para korban.

“Kementerian terkait kita yakini dapat segera bekerja. Kita juga apresiasi langkah aparat TNI/Polri bersama Basarnas, PMI yang langsung turun ke tengah bencana dan memberikan pertolongan langsung ke rakyat,” ucap Hasto.

“Musibah ini gempa ini adalah duka Indonesia. Tidak hanya warga Sulawesi Tengah. Saatnya semua pihak memberikan bantuan. Semoga warga Donggala bisa bangkit atas musibah ini,” tandas Hasto.

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir mengatakan Koalisi Indonesia Kerja akan menggalang dana solidaritas untuk para korban. “TKN Jokowi- KH Ma’ruf Amin menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya bagi para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Semoga masyarakat di Donggala dan Palu selalu dalam lindungan Allah SWT dan bersabar atas musibah ini,” kata Erick melalui siaran pers.

“Sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan, TKN-KIK menggalang solidaritas kemanusiaan bersama seluruh elemen pendukung capres Jokowi-KH Ma’ruf Amin yang kami wujudkan dalam bentuk bantuan dana kemanusiaan yang akan kami kumpulkan dan akan kami sumbangkan untuk para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah,” sambungannya.

Koalisi Indonesia Kerja bakal segera berkoordinasi dengan instansi yanh menangani proses pasca bencana. Supaya pemberian bantuan kepada masyarakat dan korban yang terdampak gempa dan tsunami dapat tersalurkan secara cepat dan tepat sasaran.

“Ini adalah sebuah panggilan kemanusiaan untuk membuktikan kepedulian kita sebagai manusia. Musibah ini duka bagi kita, duka bagi Indonesia. Saatnya kita bersatu bergandengan tangan membantu saudara-saudara kita di Donggala dan Palu yang saat ini tertimpa musibah,” jelas pemilik saham di klub Inter Milan itu.

Erick menambahkan, KIK bakal menggerakkan relawan, ormas dan partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf. Selain penggalangan dana, mereka bakal mendirikan posko-posko kesehatan untuk membantu korban dan pengungsi. (mtd/min)

 

 

 

=======================

 

 

 

Komentar Anda