Menhub Budi Karya Sumadi .ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

medanToday.com,JAKARTA – Kasus virus corona (COVID-19) sampai saat ini masih menjadi masalah dunia. Berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE Minggu (15/3), di seluruh dunia telah mencapai 156.396 kasus, dari angka itu 73.966 di antaranya telah dinyatakan sembuh. Sementara angka kematian akibat virus corona secara global telah mencapai sebanyak 5.833 jiwa.

Kasus penyebaran corona juga melanda Indonesia. Kasus virus corona di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pada Minggu (15/3), Jubir Pemerintah khusus penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengungkapkan terdapat 21 kasus baru, penambahan ini didominasi dari Jakarta. “19 di Jakarta dan 2 di Jawa Tengah,” ujar Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta.

Tambahan 21 kasus baru ini membuat di Indonesia kini terdapat 117 pasien positif corona. Salah satu WNI yang positif corona adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Atas izin keluarga yang disampaikan oleh Pak Kepala RSPAD adalah Pak Budi Karya Sumadi, Pak menhub,” kata Mensesneg Pratikno kepada wartawan di kantornya, Sabtu (14/3).

Di tempat yang sama, Wakil Kepala RSPAD Albertinus Budi Sulistia mengatakan Menhub berstatus kasus 76.

“Seizin pimpinan dan juga seizin keluarga dari pasien nomor 76 yang sudah disampaikan jubir pemerintah untuk penanganan kasus virus corona, benar bahwa pada saat ini pasien 76 sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Dan dengan beberapa hasil antara lain hasil lab, confirm untuk Covid-19,” tegasnya.

Selain Menhub Budi Karya, beberapa menteri dunia pun tak luput dari infeksi virus corona. Berikut adalah 6 menteri di dunia yang juga positif corona dilansir dari berbagai sumber.

  • Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Haririchi

Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Haririchi menyatakan dirinya terinfeksi virus corona melalui video yang Ia unggah di media sosial.

Iraj terinfeksi corona satu hari usai dikabarkan demam saat konferensi pers. Dilansir dari Liputan6.com, dalam konfrensi pers Haririchi memang terlihat batuk-batuk. Ia pun juga tampak pucat.

  • Menteri Kesehatan Junior Inggris, Nadine Dorries

Salah satu pejabat Inggris juga tak luput dari infeksi virus corona. Nadine Dorries yang merupakan Menteri Kesehatan Junior juga telah dinyatakan positif virus corona.
Pejabat Inggris yang juga anggota parlemen konservatif itu memberikan pernyataan pada Rabu (11/3).

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah dites positif terkena virus corona,” ucapnya dilansir dari BBC.

  • Menteri Kebudayaan Prancis, Franck Riester

Menteri Kebudayaan Prancis Franck Riester dinyatakan positif terkena infeksi virus corona. Berita tersebut dikonfirmasi oleh sumber dari kementerian kebudayaan.

“Menteri dinyatakan positif hari ini,” kata kementerian tersebut seperti dilansir dari France24 pada Selasa (10/3).

Riester dilaporkan positif virus corona usai menunjukkan gejala-gejala penyakitnya. Sebelum dikonfirmasi positif, Riester baru saja menghabiskan waktu di parlemen Prancis, di mana lima anggotanya telah dikonfirmasi positif tertular corona.

  • Menteri Kesetaraan Spanyol, Irene Montero

Menteri Kesetaraan Spanyol Irene Montero dinyatakan positif terkena infeksi corona. Dilansir dari Antara, pernyataan tersebut diungkapkan oleh Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Kamis (12/3).

“Pagi ini, seluruh anggota kabinet dites. Hasilnya dapat diketahui siang hari dan akan dilaporkan secara resmi kemudian,” tulis pemerintah dalam pernyatan itu.

  • Menteri Warisan Kebudayaan, Kerajinan Tangan, dan Pariwisata Iran, Ali Asghar Mounesan

Melansir Aljazeera dari Fars, dua menteri Iran terinfeksi virus corona. Kabar ini diungkapkan oleh Fars bersamaan dengan kabar Wakil Presiden Eshaq Jahangiri pada Kamis (12/3).

Menteri Warisan Kebudaayaan, Kerajinan Tangan dan Pariwisata Ali Ashgar Mounesan menjadi salah satu yang positif corona.

  • Menteri Perindustrian, Pertambangan dan Bisnis Iran, Reza Rahmani

Selain Ali Ashgar, salah satu menteri juga positif corona. Kabar ini diungkapkan Fars berbarengan dengan kabar Wakil Presiden Eshaq Jahangiri pada Kamis (12/3) melansir Al Jazeera dari Fars.

Menteri Perindustian, Pertambangan dan Bisnis, Reza Rahmani dinyatakan positif corona.

========================

Komentar Anda