Tim pemantau Pilkada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Herman Sikumbang. (dok: medanToday.com)

medanToday.com, MEDAN – Tim pemantau Pilkada dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Herman Sikumbang menyampaikan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan sudah menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu disampaikannya saat memantau proses pemilihan di TPS nomor 22 di Kompleks Perumahan Tasbih, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, tempat menantunya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution mencoblos, Rabu (9/12).

“Kami hadir untuk melihat ada atau tidak pelanggaran Prokes di TPS. Sementara ini beberapa TPS dalam keadaan tertib,” katanya.

Herman menjelaskan, sampai saat ini anggotanya sudah bicara dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tiap TPS yang dikunjungi agar memperhatikan Prokes.

“Harapannya kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar. Evaluasi di setiap TPS akan kita kumpulin dan petugas pemantau dari Jakarta nanti ikut mengevaluasi apa yang menjadi temuan di lapangan,” ucapnya.

Amatan medanToday.com, Prokes di TPS Bobby Nasution telah sesuai dengan instruksi KPU Kota Medan. Semua pemilih yang datang tampak memakai masker dan sebelum masuk menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Kemudian mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan penyelenggeara. Saat hendak mencoblos, mereka diberi sarung tangan plastik sekali pakai. Terakhir, tinta tidak dicelup ke jari melainkan diteteskan.

Tak hanya pemilih, petugas KPPS dan Linmas juga terlihat memakai sarung tangan Latex. Alat-alat Prokes mulai dari Thermogun, Face Shield sampai bilik khusus untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 juga disediakan oleh penyelenggara. Aparat kepolisian dikerahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi. (mtd/min)

Komentar Anda