Sejumlah warga berkeliling dengan menunggangi gajah di Kebun Binatang Medan, Sumut. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Pihak PD Pembangunan menyerahkan pengelolaan Medan Zoo kepada Pemerintah Kota Medan. Pasalnya, sejak ditutup untuk umum pada Maret lalu, Medan Zoo tidak dapat penghasilan.

Menurut Dirut PD Pembangunan, Putrama Alkhairi penyerahan ini menjadi upaya mereka menyelamatkan satwa-satwa yang kini terancam kelaparan karena ketiadaan biaya pembelian pakan.

“Selama ini ada regulasi yang menyebabkan Pemko Medan tidak dapat membantu Medan Zoo karena berstatus unit usaha di bawah PD Pembangunan. Maka demi menyelamatkan satwa dan masa depan Medan Zoo, harus dikelola langsung oleh Pemko Medan,” katanya kepada wartawan, Rabu (29/4).

BACA JUGA:

Putrama membandingkan pengelolaan Medan Zoo dengan Taman Satwa Ragunan di Jakarta yang dikelola oleh Dinas Peternakan sehingga lebih maju. Medan Zoo selama ini menurutnya merupakan lembaga konservasi yang tidak berorientasi bisnis. Hal inilah yang membuat Medan Zoo menurutnya tidak tepat menjadi unit usaha PD Pasar selaku perusahaan berstatus BUMD yang berorientasi bisnis.

“Demi menyelamatkan satwa dan masa depan pengembangan Medan zoo agar lebih baik dan menjadi kebanggaan masyarakat Medan harus dikelola langsung oleh pemerintah kota seperti ragunan di Jakarta. Ini tidak hanya menyangkut satwa tapi juga dokter, petugas kandang dan karyawan di Medan Zoo,” ujarnya.

Sejumlah pelajar hendak berkeliling dengan menunggangi gajah di Kebun Binatang Medan, Sumut. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

Untuk penyerahan ini, PD Pembangunan menurut Putrama telah menyampaikan surat resmi kepada Pemko Medan. Mereka berharap penyerahan pengelolaan ini menjadi solusi atas persoalan yang dialami Medan Zoo saat ini.

“Secara resmi kami buat surat baru ini semoga ini jalan yang terbaik buat Medan zoo tercinta,” demikian Putrama Alkhairi.

==================

Komentar Anda