medanToday.com, MEDAN –  USAID melalui program Cegah Pungli USAID dengan bangga mendukung Pemerintah Propinsi sumatera Utara dalam program SP4N ( Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional). sistem LAPOR untuk mengumpulkan pengaduan dari masyarakat dan memberikan respon terhadap pengaduan masyarakat tersebut.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn didampingi Deputy Derctor Usaid Environment Office Jasen Seuc, saat melakukan pertemuan dengan Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, di kantor Gubsu, Senin (7/5/2018).

Pertemuan ini dihadiri Plt.Sekda Provinsi Sumatera Utara, H Ibnu S Hutomo, Wali Kota Medan, Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval, Inspektur Kota Medan, Farit Wajedi dan Kepala Perwakilan Ombudsman Wilayah Sumut, Abyadi Siregar dan Maju Siregar.

Ryan mengatakan, Provinsi Sumatera Utara salah satu berpenduduk terpadat ke-4 di Indonesia berupaya memperkuat akuntalibitas dan tata kelola pemerintahan atau LAPOR, yang terintegrasi dengan sistem lainnya seperti yang dimiliki Pemerintah Kota Medan, yaitu sistem “Medan Rumah Kita” membantu membawa pemerintah lebih dekat dengan masyarakat dengan cara memperkuat akuntabilitas, demokratis dan meningkatkan pelayanan publik.

“Kami sangat mendukung sistem Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan sistem LAPOR ini, sebab sistem ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengadukan berbagai hal ke pemerintah,” katanya.

Ryan juga mengaku senang dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan, diharapkan dari pertemuan ini dapat memberikan masukan demi peningkatakan pelayanan publik di Provinsi Sumatera Utara maupun Kota Medan.

“Kami merasa gembira dapat bermitra dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota, kami berharap ini dapat membantu mewujudkan masa depan yang lebih cerah dan lebih sejahtera,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan, Pemko Medan telah memiliki sistem pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan sistem LAPOR. Sistem ini berupa aplikasi “Medan Rumah Kita” yang sudah dibangun sejak Desember 2016. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menyampaikan pengaduannya yang kemudian langsung di respon oleh OPD terkait.

“Hingga saat ini aplikasi tersebut masih terus aktif, masyarakat dapat mengirimkan pengaduan ke aplikasi ini dengan cara menuliskan aduannya, memfotonya dan menuliskan identitas diri. Aduan yang diterima akan ditampung dan di kirim ke OPD terkait,” ucapnya.

Pengaduan yang diterima ini, selanjutnya akan direspon oleh OPD terkait dan paling lama 1 minggu sudah tertangani.”Nanti OPD terkait yang akan meresponya, pengaduan tersebut dapat langsung dikerjakan atau harus dianggarkan terlebih dahulu, paling lama satu minggu masyarakat sudah mendapatkan hasilnya,” jelasnya.

Selain aplikasi Medan Rumah Kita, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduannya melalui SMS center, dan mengirim langsung ke nomor pribadi Wali Kota, Wakil Wali Kota dan pejabat Pemko Medan lainnya.

Plt Sekda Provsu, Ir H Ibnu S Hutomo MM, mengucapkan selamat datang kepada rombongan USAID, diharapkan pertemuan ini dapat menjadi kerjasama yang baik sehingga dapat saling bertukar informasi dan menjadi masukan bagi provsu dalam peningkatkan kinerja pemerintahan. (mtd/yud)

 

 

================================

 

 

 

 

Komentar Anda