medanToday.com, MEDAN – Libur panjang di akhir pekan seperti ini biasanya dimanfaatkan keluarga untuk berkumpul sembari berwisata ke tempat-tempat tertentu menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang tercinta.

Satu di antaranya adalah Vihara Maitreya di daerah Kompleks Cemara Sari di Jalan Cemara Boulevard Utara No.8 menjadi tujuan keluarga berkunjung di akhir pekan.

Tempat sembayang bagi Agama Budha ini memang dibuka untuk umum tanpa mendiskriminasi kalangan. Terlihat dari luar, begitu megah bangunan yang dihiasi berbagai macam patung ini ramai dikunjungi khususnya hari sabtu dan minggu.

Mulai dari mereka yang datang untuk beribadah, ataupun sekedar foto-foto dapat mudah di temui di setiap sudut Vihara ini. Didalamnya, tersedia tempat sembayang yang dilengkapi dengan tiga patung Budha utama. Bagi pengunjung umum, ada batasan wilayah yang bisa dimasuki.

Tempat yang sejuk ini memiliki pemandangan kolam ikan dan taman kecil yang mengisi sisi kiri dari Vihara ini. Pengunjung dapat berkeliling mulai dari depan hingga ke belakang.

Selain tempat sembayang dan tersedianya lokasi untuk berfoto, Vihara ini dilengkapi playground bagi anak- anak yang dibuka mulai pukul 14.15-19.15 wib.

Tak hanya fasilitas tempat bermain, sisi kanan dari Vihara ini menyediakan toko souvenir yang menjual perlengkapan sembayang dan barang umum lainnya, restoran keluarga dengan konsep vegetarian serta toko roti.

Seperti yang diungkapkan oleh Velin yang juga seorang guide di Vihara tersebut, tempat ini terbuka untuk umum.

“Sesuai ajaran dari Budha Maetra , bahwa tempat ini bersifat universal. Artinya setiap orang berhak masuk dengan kepercayaannya masing-masing,” ungkap Velin ketika ditemui.

Selain untuk bersembayang ataupun hanya sekedar tempat kunjungan, namun Vihara ini ternyata juga memiliki program untuk kemajuan masyarakat.

“Jadi kita ada program dimana kita bersedia datang ke sekolah-sekolah yang ingin bekerjasama dengan tujuan menyebarkan kebaikan dan kebahagian bagi anak-anak,” tambah Velin.

Vihara Maitreya ini mulai resmi dibuka untuk umum sejak tahun 2008 lalu, tanpa dipungut biaya sedikitpun, namun tersedia kotak donasi untuk mereka yang ingin menyumbang secara sukarela.

Tidak hanya khusus sebagai tempat beribadah, Vihara ini juga sering mengadakan acara disetiap perayaan dalam Agama Budha seperti Imlek, Waisak, dan Tahun Baru.(mtd/fri)

=================

Komentar Anda