ILUSTRASI Gunung Sibayak di Tanah Karo. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,KARO – Dalam rangka mengantisipasi penularan suspect virus corona, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kehutanan Provinsi Sumatra Utara, Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, di Kabupaten Karo, menghentikan sementara aktivitas pendakian Gunung Sibayak.

“Hal ini kita lakukan merujuk surat edaran Gubernur Sumatera Utara No : 440/2666/2020 tanggal 17 Maret 2020, perihal penutupan sementara pendakian Gunung Sibayak untuk umum, guna meminimalisir penularan COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara,” ujar Kepala UPT Balai Tahura Bukit Barisan, Ramlan Barus kepada wartawan, Rabu (18/3/2020) sore.

Menurut Ramlan, ini dilakukan bukan karena tidak mendukung perolehan PAD dari sektor pariwisata Sumut, terlebih lagi untuk pelampiasan hobby para pencinta alam. Namun perlakuan kebijakan ini, tidak lain hanya untuk menekan penularan pendemik virus corona di tengah masyarakat. Untuk sementara waktu, pihak terkait (wisatawan & pencita alam,red) diharap dapat memakuminya.

“Mulai tanggal 18 Maret 2020 sampai 31 Maret 2020 seluruh aktivitas pendakian ke Gunung Sibayak, kita hentikan sementara. Demikian pula halnya dengan kunjungan wisata ke kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan juga kita stop sementara. Perolehan retribusi tentunya berkurang, namun kesehatan dan nyawa manusia yang lebih penting,” ungkap Ramlan Barus.(mtd/min)

==================

Komentar Anda