Kepala Perwakilan Republik Indonesia di Songkhla, Thailand Selatan, Fachry Sulaiman (kiri) saat berbicara dengan kontingen asal Indonesia di ASEAN Youth Forum 2019. (maafa yulie for medantoday.com)

Perlombaan tahunan ASEAN Youth Forum di PSU menjadi ajang adu gengsi tingkat perguruan tinggi mengenai ASEAN dan persoalannya. Universitas asal Indonesia berhasil menjadi juara kategori kuis dan Pidato.

Sebagai delegasi dari Indonesia, Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya mengaku terus mendorong mahasiswa membawa nama perguruan tinggi ke jenjang internasional. Perwakilan Rektorat Pengembangan Pendidikan UNAIR, Syahrur Marta Dwi Susilo menyebut, UNAIR kini berada di tingkat 650 dunia.

Mengikuti perlombaan di ASEAN Youth Forum 29 Agustus-2September ini tentunya mampu membangkitkan semangat mahasiswa dan civitas akademi dalam komitmen perguruan tinggi menuju ke tingkat dunia.

“Kami datang ke acara ini atas undangan panitia. Kami adalah satu delegasi dari tiga universitas asal Indonesia yang terlibat. Ada perlombaan di dalamnya, seperti lomba kuis dan pidato. Tentunya kuis dan pidato yang berhubungan dengan ASEAN,”ujar Syahrur di Prince of Songkla University (PSU), Hatyai, Thailand Selatan, Minggu (1/9) kemarin.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan bekal yang baik menjadi semangat buat mendukung sepenuhnya keberhasilan universitas masuk ke tingkat internasional. Karena banyak aspek yang diperoleh dari kegiatan Asean Youth Forum 2019 di PSU.

Salah satu kontingen dari Universitas Gajah Mada (UGM), Riris Rinonce Hapsari mengaku terlambat mendapatkan informasi kepastian acara oleh pihak PSU. Dia mengaku, satu hari sebelum acara baru menerima konfirmasi dari panitia.

“Persiapan acara ini cukup bagus, sayangnya informasi follow up dari pihak panitia masih kurang. Kami telah mendaftar dalam tempo seminggu, baru H-1 diberitahukan kami berangkat untuk ikut serta. Serba mendadak jadinya,”kata Riris.

Diketahui Universitas Gajah Mada meraih juara pertama lomba Pidato, pemenang kedua dari Universitas Syah Kuala dan ketika Barupha University. Kategori lomba Kuis, Universitas Airlangga mendapatkan juara satu, posisi kedua milik Universitas Syah Kuala dan juara ketiga untuk Prince of Songkla University (PSU). (mdc/rdn)

Komentar Anda