Sejumlah saksi menyaksikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi di KPU Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019). KPU Provinsi Jawa barat mulai melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 yang dihadiri pimpinan partai, saksi peserta Pemilu dan Komisioner Bawaslu yang berlangsung hingga 11 Mei 2019. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

medanToday.com,JAKARTA – Sebanyak 5 provinsi merampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2019. Karena itu rekapitulasi suara tingkat nasional bisa dimulai besok hari.

“Kurang lebih 4 sampai 5 provinsi sudah selesai hari ini, besok mulai rekap dalam negeri,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Arief mengatakan, pihaknya akan memanggil provinsi yang telah selesai melakukan rekapitulasi. Nantinya, perwakilan provinsi akan melakukan persentasi hasil rekapitulasi tersebut.

“Kalau bisa selesai hari ini, kita akan kontak mereka untuk segera ke Jakarta,” tutur Arief.

Ditemui saat bersamaan, komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan kelima provinsi tersebut diantaranya Bangka Belitung, Gorontalo hingga Kalimantan Tengah.

“Sudah 5 provinsi, Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Bali, Kalimantan Tengah,” kata Ilham.

Sebelumnya, tercatat baru 3 provinsi yang telah selesai melakukan rekapitulasi. Jumlah ini bertambah setelah Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah juga selesai melakukan rekapitulasi.(mtd/min)

==================

Komentar Anda