Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (sumber:internet)

medanToday.com – Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un muncul kembali di hadapan publik setelah berbagai spekulasi menderanya. Ia tampil dalam peresmian sebuah pabrik pupuk. Ia nampak dalam kondisi yang sehat dan memotong pita pada acara yang digelar di Sunchon, dekat ibukota Pyongyang seperti dikutip dari AFP, Sabtu (2/4).

Sebelumnya, Kim diisukan dalam kondisi kritis karena tidak pernah terlihat lagi sejak memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh pada 11 April, dan di hari berikutnya, media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara Korea Utara. Pada acara hari Jumat itu banyak yang bersorak melihat penampilannya.

“Semua peserta bersorak sorai ‘horeee!’” tulis kantor berita setempat.

Dia memeriksa fasilitas itu dan mendengarkan pengarahan tentang proses produksi, menurut laporan itu. Kim berkata dengan penuh senang bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il “akan sangat senang jika mereka mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun.”

Hadir pula para pejabat senior lainnya, termasuk saudara perempuannya dan penasihat dekatnya, Kim Yo Jong.

Kabar menghilangnya Kim dari publik sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Pada 2014 lalu, ia juga sempat menghilang dari pemberitaan media dan publik selama hampir enam minggu hingga kemudian muncul dengan menggunakan tongkat. Beberapa hari kemudian, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan jika Kim baru sembuh usai menjalani operasi pengangkatan kista di pergelangan kakinya.

================

Komentar Anda