Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin (kanan) menginterogasi pelaku (baju orange) saat memaparkan kasus di Mapolsek Medan Timur. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Personel Polsek Medan Timur terpaksa melumpuhkan kaki Iman Habib Hasibuan. Sebab, pria yang menggasak uang jutaan rupiah dari kotak infak Masjid Al-Amin Jalan Bilal Medan, itu mencoba merampas pistol petugas saat ditangkap.

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin mengatakan, pada saat tim melakukan pencarian kenderaan yang digunakan pelaku ketika beraksi. Pria berumur 34 tahun itu berpura-pura ingin buang air besar sehingga petugas melepaskan borgol di tangannya.

“Setelah borgolnya dibuka, pelaku malah berusaha merampas senjata api anggota. Karena membahayakan keselamatan, petugas lainnya langsung melumpuhkan kakinya. Selanjutnya ia dibawa ke RS Bhayangkara TK II Medan untuk mendapatkan perawatan,” ucap Arifin melalui keterangan tertulis yang diterima medanToday.com, Kamis (07/1).

Arifin menjelaskan, pelaku yang merupakan warga Jalan Rahmat PIK, Kelurahan Menteng Raya, Medan Denai itu mencuri uang kotak infak Masjid Al-Amin pada
Kamis (31/12) siang. Aksinya terekam CCTV masjid dan videonya sempat viral di media sosial (Medsos).

“Begitu menerima laporan dari BKM, tim langsung turun ke TKP. Setelah menyelidiki rekaman CCTV, identitas pelaku akhirnya diketahui,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Medan Area itu menambahkan, personel melakukan pengintaian kurang lebih empat hari di sekitar rumah pelaku. Dia ditangkap di kediamannya,
Rabu (06/1) sekitar pukul 15.30 WIB.

“Kepada petugas pelaku mengakui perbuatannya. Bahkan di 2015 ia pernah menjalani hukuman selama 1 tahun 6 bulan atas kasus yang sama. Aksi terakhir, pelaku menggasak uang tunai Rp3 juta lebih dari kotak infak Masjid Al-Amin,” jelas Arifin. (mtd/min)

Komentar Anda