Calon Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya disambut warga saat menghadiri kegiatan Kerja Tahun di Desa Singgamanik, Karo. Foto : Billy Sembiring for medanToday.com

medanToday.com,KARO – Bakal Calon Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya menghadiri kegiatan Gendang Guro-Guro Aron Kerja Tahun di Desa Singgamanik, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu.

Setibanya di lokasi acara, tepatnya di Jambur Desa Singgamanik. Tino Mimana Sinuraya bersama rombongan disambut meriah dengan tarian suku Karo oleh masyarakat yang lengkap mengenakan pakaian adat.

Dalam sambutannya, Tino mengucapkan banyak Terima Kasih kepada masyarakat Desa Singgamanik atas sambutan yang luar biasa meriahnya.

Calon Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya memberi kata sambutan saat menghadiri kegiatan Kerja Tahun di Desa Singgamanik, Karo. Foto : Billy Sembiring for medanToday.com

“Nilai Budaya ini harus kita jaga dan rawat dengan semangat kebersamaan. Sehingga hubungan emosional kita tetap terjaga guna membangun kampung halaman Kita bersama, ” Ungkap Tino yang disambut riuh warga yang hadir.

Setelah menyampaikan sambutan dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Pesta Tahun di Desa Singgamanik tersebut, Pengusaha muda sukses di Kabupaten Karo tersebut ikut menari bersama rombongan dan para tokoh adat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Karo.

Calon Bupati Karo, Tino Mimana Sinuraya saat menghadiri kegiatan Kerja Tahun di Desa Singgamanik, Karo. Foto : Billy Sembiring for medanToday.com

Sebagai informasi, “Kerja Tahun” merupakan sebuah pesta syukuran yang dirangkai dengan acara kebudayaan dan kesenian Karo serta silaturahmi yang diadakan setiap tahunnya oleh masyarakat Karo.

Awalnya, Kerja Tahun diadakan sebagai bentuk rasa syukur setelah acara penamaan padi. Masyarakat berharap agar padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula.

Perayaan ini akan dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional yang diadakan selama dua malam di balai pertemuan atau biasa orang Karo sebut sebagai Jambur. Kegiatan yang ditampilkan berupa Gendang Guro-guro Aron, dimana para muda-mudi akan menari dan bernyanyi dalam balutan pakaian adat. Biduan atau perkolong-kolong juga akan ikut memeriahkan acara dengan kemampuan bernyanyi dan berjenaka.

===============