medanToday.com, KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan aktivitasnya. Kali ini, semburan abu vulkanik mencapai 4.500 meter disertai dengan awan panas, pada Selasa 24 Oktober 2017.

“Erupsi tadi pagi pukul 09.59 WIB. Terjadi Awan panas guguran gunung api Sinabung dengan jarak 4500 meter dan semburan abu vulkanik mencapai 2000 meter,” sebut ‎Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Luncuran awan panas dan abu vulkanik saat terjadi erupsi Gunung Sinabung mengarah ke sektor timur tenggara mengikui arah angin.”Saat erupsi sempat terjadi gempa dengan kekuat Amp 120 mm dan lama gempa selama 615 detik,” jelas Armen.

Armen Putra menjelaskan untuk kondisi cuaca saat ini terpantau cerah. Angin sedang dan kencang mengarah ke timur.‎ Untuk itu, Armen Putra mengimbau masyarakat diminta selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait mengenai situasi Gunung api yang masih status level IV atau awas.

“Masyarakat sekitar Sinabung hindari zona-zona bahaya karena masih berpotensi terjadi awan panas dan guguran lava, serta erupsi,” tutup Armen.(mtd/bwo)

Komentar Anda