medanToday.com, Deliserdang – Masyarakat Deliserdang dan sekitarnya diberikan kesempatan untuk menikmati jalan tol yang baru dibangun yakni ruas tol Kualanamu (Deliserdang) – Rampah (Serdang Bedagai) lewat kegiatan Festival Jalan Tol Ruas Kualanamu-Rampah pada Minggu (1/10/2017) sebelum resmi dioperasikan.

Kegiatan ini sengaja dilakukan PT Jasa Marga sekaligus memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada Minggu (1/10/2017).

Direktur Teknik PT Jasa Marga Tol Kualanamu, Agus Choliq mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mereka mengajak masyarakat ikut menikmati jalan tol yang baru sebelum resmi beroperasi. Ruas ini sendiri menurutnya sudah selesai dibangun dan segera akan dioperasikan.

“Kalau sudah dioperasikan nanti hanya kendaraan roda empat yang bisa masuk. Nah, sebelum beroperasi kami ingin bersama dengan masyarakat untuk menikmati ruas tol tersebut lewat berbagai kegiatan dengan masyarakat,”katanya, Jumat (29/9/2017).

Agus Choliq mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi satu tradisi yang sudah mereka inisiasi dalam beberapa waktu belakangan.

Sebelumnya, Hal serupa sudah mereka lakukan saat pembukaan ruas tol Bawean-Salatiga di Jawa Tengah.

Antusias masyarakat dalam kegiatan seperti ini menurutnya selalu tinggi.

“Di sana kemarin ribuan warga mengikuti kegiatannya, apalagi ruas ini sendiri gerbang tol nya disebut sebagai yang terindah se Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PT Jasa Marga Tol Kuala Namu, Agus Suharjanto menjelaskan kegiatan dalam Festival Jalan Tol ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti fun walk sejauh 5 km, bersepeda pada beberapa kategori jarak mulai dari 15 km, 45 km hingga 80 km.

“Yang 80 km itu adalah start dari gerbang tol Kuala Namu hingga ke Rampah dan kembali, karena panjang ruas tersebut sekitar 42 km. Masing-masing kategori sepeda disesuaikan dengan kemampuan para peserta,” ungkapnya.

Pendaftaran untuk menjadi peserta ini sendiri menurutnya sudah mereka lakukan sejak beberapa waktu lalu. Antusias dari masyarakat sendiri menurutnya sangat tinggi ditandai dengan ribuan warga yang sudah mendaftar.

“Sudah ada sekitar 2 ribu yang mendaftar, dan ini sudah melampaui target kami. Namun kita masih tetap menampung masyarakat yang ingin berpartisipasi,” pungkasnya.

Data yang mereka sampaikan titik start dari kegiatan ini akan digelar di Gebang Tol Kualanamu.

Acara ini juga akan dirangkai dengan berbagai hiburan serta pembagian lucky draw kepada para peserta.

(mtd/bwo)

Komentar Anda