Ilustrasi grafik gempa | mtd/Internet
medanToday.com, KARO – Gempa berkekuatan 4,3 SR mengguncang, Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut), Selasa (31/10). Gempa tersebut dirasakan di daerah Kabanjahe dan lokasi wisata Berastagi.
Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan, gempa terjadi pukul 07.31 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 3.13 LU dan 98.46 BT.
“Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4.3 SR dengan posisi episenter tepatnya pada jarak 21 km arah Timur Laut Karo, pada kedalaman 10 km,” kata Edison, Selasa (31/10).
Edison menambahkan, hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada zona sesar lokal di sekitar Karo.
“Dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi,” terangnya.
Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat di Kabanjahe, Berastagi dan sekitarnya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. Warga diminta tetap mempedomani arahan yang diberikan pihak berkompeten.
“Masyarakat diimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG,” kata Edison.
Sebelumnya, Gempa bumi dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi, Karo, Sumut, Rabu (25/10). 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan melansir gempa terjadi pada pukul 08.47:54 Wib. Kekuatan gempa 3,1 SR dan berpusat pada koordinat 3.01 LU dan 98.35 BT.

“Tepatnya di darat pada jarak 14 km arah tenggara Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada kedalaman 6 Km,” kata Edison Kurniawan, Kepala BMKG Wilayah I Medan.

(mtd/bwo)

========================================================
Komentar Anda