Erwan Nasution bersama Muhammad Ozzy saat memberikan keterangan pers, Sabtu (18/11/2017)(KOMPAS. com / Mei Leandha)
Erwan Nasution bersama Muhammad Ozzy saat memberikan keterangan pers, Sabtu (18/11/2017)(KOMPAS. com / Mei Leandha)

medanToday.com, MEDAN – Pasangan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution dijadwalkan tiba di Kota Medan pada Minggu (19/11/2017). Keduanya akan disambut dengan prosesi haroan boru oleh keluarga besar Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah Medan.

Haroan boru adalah salah satu rangkaian dari upacara adat dalam pesta pernikahan Tapanuli Selatan.

Erwan Nasution, paman Bobby mengatakan, Bobby dan Kahiyang akan melalui prosesi perdana yaitu Manglaloalo Boru dan Manyantan Boru. Sanak keluarga, pengetua-pengetua adat, dan ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, yang menyambut mereka.

“Salah satu ritualnya meletakkan tumbuh-tumbuhan seperti daun pisang di depan pintu rumah Bobby. Nanti mereka (Bobby-Kahiyang) akan melewati daun itu. Maknanya agar hubungan mereka selalu sejuk dan dingin,” kata Erwan, Sabtu (18/11/2017).

Selanjutnya adalah prosesi pemberian marga Siregar yang akan dilaksanakan pada 21 November 2017.

“Kahiyang putri Jawa, Bobby putra Mandailing. Kami pihak marga Nasution ingin meminta keluarga Siregar agar memberikan Kahiyang marga Siregar seperti marga ibunya Bobby,” tuturnya.

Setelah prosesi pemberian marga, pesta adat akan dilanjut kembali di 24 dan 25 November 2017. Erwan bilang, banyak rangkaiannya, ada pemotongan kerbau, membunyikan gordang, manortor, dan sidang adat.

“Kemudian manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, mangupa. Besoknya, 26 November, baru resepsi umum,” ucap Erwan.

Rombongan Presiden Joko Widodo dari Solo diperkirakan 100 orang lebih yang datang ke Medan.

“Sebagain sampai besok bersama Bobby dan Kahiyang. Nanti mereka akan menginap di salah satu hotel,” ucapnya.

Untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Poldasu Sumut. “Sesuai instruksi Pak Jokowi, tidak ada jalan yang akan ditutup. Semua untuk menjaga ketentraman,” ujarnya.

Wedding Organizer yang diwakili Muhammad Ozzy mengatakan, untuk teknis kegiatan seluruh acara sudah hampir selesai.

“Pemasangan tenda dan lainnya sudah selesai. Tinggal menunggu persiapan acaranya saja. Secara teknis pada 20 November seluruh persiapan sudah siap,” katanya.

(mtd/min) 

Komentar Anda