Kapal pengangkut BBM yang meledak di pelabuhan kontainer Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (9/12/2017).(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)
Kapal pengangkut BBM yang meledak di pelabuhan kontainer Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (9/12/2017).(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)

medanToday.com, TERNATE – Kapal pengangkut bahan bakar minyak terbakar saat berlabuh di pelabuhan kontainer Desa Rawajaya, Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Sabtu (9/12/2017) siang.

Kapolres Halmahera Utara AKBP Irvan Indarta mengatakan, kapal berkapasitas 30 ton BBM tersebut merupakan kapal pengangkut BBM APMS tujuan Kabupaten Morotai dengan ABK tiga orang.

“Kapal yang sudah bermuatan BBM itu sementara berlabuh atau sandar di dermaga kontainer atas seizin syahbandar Tobelo, sambil menunggu kedatangan mobil tangki Pertamina,” kata Irvan.

Sambil menunggu mobil tangki itu, ada anak buah kapal (ABK) berinisial FM yang sedang sendirian di kapal untuk memperbaiki aki. Tiba-tiba terjadi percikan api yang mengakibatkan terjadinya ledakan dan kebakaran kapal.

Melihat kejadian itu, sebagian buruh pelabuhan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk membantu memadamkan api dan menyelamatkan korban untuk dilarikan ke rumah sakit setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi FM mengalami luka ringan.

“Akibat kejadian ledakan dan kebakaran tersebut, badan kapal sebagian terbakar dan hancur,” ujar Irvan.

(mtd/min) 

Komentar Anda