ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,BATUBARA – Professional Business Coach ,Prayudi Widyanto menyampaikan fix mindset sendiri selalu beranggapan bahwa apa yang sudah ada tidak bisa diubah, sedangkan growth mindset merupakan orang-orang dengan pemikiran sadar jika apapun yang kita mau bisa didapat lewat usaha.

Hal ini ia ungkapkan saat menjadi pembicara para Webinar Literasi Digital di Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara mengusung tema “Yuk Jadi Umkm Berkualitas di Era Digital”.

Owner Deenee Gallery, Niken Rizki Amalia, S.Gz, M.Si mengatakan keamanan marketplace sendiri tidak adanya kontak fisik maupun pembayaran online, pihak ketiga dalam transaksi, syarat peraturan tertentu, review atau penilaian transparan, privasi data rekening antara customer dan seller, monitor transaksi secara realtime, layanan panduan, dan jaminan pelacakan kecurangan juga kerugian.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batubara, Ahmadan Chair menjelaskan adapun persyaratan untuk menjadi Wajib Pajak KITE seperti, punya Nomor Induk Perusahaan, izin usaha industri, punya jenis usaha dibidang manufaktur, punya bukti kepemilikan yang berlaku paling singkat 3 tahun, ada tempat penyimpanan barang, dan menggunakan sistem informasi persediaan berbasis IT.

PLT Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Batubara, Arif Hanafiah, S.STP menuturkan Batu Bara Mart sebagai E-Commerce lokal pusat penjualan daerah agar mampu menunjang penjualan pada dasar digital yang luas.

Menurutnya salah satu cara agar bisa bersaing di era digital saat ini adalah kemasan diperbaiki sebaik dan semenarik mungkin, juga daftarkan hak kekayaan intelektualnya.

Erisa Fadhilla selaku Key Opinion Leader menyampaikan ketika ingin memulai bisnis harus tahu produk apa yang ingin dijual, pasarnya mau ke mana, dan juga strategi-strategi lainnya.

==================

Komentar Anda