medanToday.com,KARO – Sebanyak 30 unit rumah aman gempa diserahkan PT. HM. Sampoerna kepada masyarakat Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Karo, Rabu (14/12). Kegiatan yang diiringi pengobatan gratis kepada warga, dibuka dengan pemanjatan doa bagi warga korban gempa Pidie Jaya, Aceh dan pengungsi korban Sinabung.

Dalam sambutannya Manager CSR PT. HM. Sampoerna Uli Aritonang mengatakan, kondisi Indonesia yang berbentuk kepulauan tidak akan pernah berhenti dari bencana. Maka dari itu selain memberikan bantuan manfaat fisik, pihaknya juga memberikan pendidikan dan pelatihan untuk penerima manfaat tersebut.

Manager CSR PT. HM. Sampoerna Uli Aritonang ketika menyerahkan secara simbolis rumah aman gempa kepada Kepala BPBD Karo, Martin Sitepu di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Karo, Rabu (14/12).MTD/IST
Manager CSR PT. HM. Sampoerna Uli Aritonang ketika menyerahkan secara simbolis rumah aman gempa kepada Kepala BPBD Karo, Martin Sitepu di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket, Karo, Rabu (14/12).MTD/IST

‚ÄúSelain memberikan bantuan rumah, warga sendiri sebelumnya telah dilatih menjadi tukang (pekerja) yang bisa membantu masyarakat di lingkungan sekitar mereka. Jadi ilmunya tidak dipegang sendiri. Saya kira ilmu itu bisa dimanfaatkan menjadi pekerjaan. Prinsipnya tidak hanya tahu menjadi tukang, namun salah satu upaya untuk memperluas dan bagaimana menambah income,”kata Uli.

Kedepan, lanjutnya, bila sudah mulai mandiri, mereka bisa membantu tetangga.

Disampaikan, dalam program selama 8 bulan belakangan ini, pihaknya telah merealisasikan sebanyak 30 unit rumah. “Harapannya bisa bertambah dan mudah-mudahan masyarakat setempat dapat bekerjasama,”ujarnya.

Kepala BPBD Karo Ir. Martin sitepu, mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT.HM.Sampoerna yang telah ikut berpartisipasi membantu korban erupsi Sinabung.

Sementara itu, warga penerima manfaat rumah aman gempa, Minah br bangun (58) mengaku sangat bersyukur atas kehadiran PT.HM Sampoerna. Bantuan yang ia terima sangat sangat bermanfaat baginya dan keluarga, sebab kondisi rumah yang ia miliki sebelumnya telah hancur porak-poranda diterjang lahar dingin.

Sementara itu hingga hari ini aktivitas vulkanik gunung Sinabung belum juga menunjukan penurunan aktivitas. Pos PVMBG Sinabung masih merekam terjadinya gempa-gempa vulkanik yang berpotensi memicu terjadinya letusan maupun luncuran awan panas, status gunung Sinabung sendiri masih berada di level tertinggi atau awas level IV .Pihak pvmbg menghimbau warga tetap berada di luar zona bahaya yang sudah direkomendasikan .(mtd/epm)

=================

Komentar Anda