Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi mewakili pihak keluarga mempelai pria menyerahkan Muhammad Bobby Afif Nasution pada keluarga Presiden Joko Widodo dalam prosesi midodareni yang berlangsung  di kediaman Jokowi, Jl Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah pada Selasa malam (7/11).

medanToday.com, MEDAN – Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi kembali mendapat kehormatan dalam prosesi adat pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Nasution.

Kali ini, Ketua Umum PSSI itu mewakili pihak keluarga mempelai pria menyerahkan Muhammad Bobby Afif Nasution pada keluarga Presiden Joko Widodo dalam prosesi midodareni yang berlangsung  di kediaman Jokowi, Jl Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah pada Selasa malam (7/11).

Selain Edy Rahmayadi, sejumlah tokoh nasional lainnya turut mewakili pihak keluarga mempelai pria di antaranya Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Menko Perekonomian Darmin Nasution. Mereka kompak menggenakan pakaian beraksen Batak warna kelabu.

Sesampainya di kediaman Presiden Jokowi, Edy terlebih dahulu mengucapkan salam pembuka kedatangan rombongan mempelai pria . “Dengan ucapan Assalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh saya beserta rombongan bermaksud menyerahkan calon pengantin putra Bobby Nasution, “kata mantan Pangdam I/BB itu.

Kemudian, Edy yang bertindak sebagai juru bicara keluarga mempelai pria menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke kediaman Presiden Jokowi. Dengan kalimat yang santun, Edy yang berada di samping Bobby dan ibunya Ade Hanifah Siregar mengharapkan pihak mempelai wanita menerima Bobby sebagai mantu di rumah itu.

“Kedua kalinya saya beserta rombongan keluarga bermaksud untuk menyerahkan calon pengantin putra yang bernama Muhammad Bobby Afif Nasution untuk “nyantri”, sebagai pelengkap tatacara adat jawa dengan harapan semoga bisa dinikahkan dengan Kahiyang Ayu, putri Bapak / Ibu Ir.H. Joko Widodo,” sebut Edy.

Selain itu, rombongan pria pun menyerahkan langsung mas kawin dan seserahan lainnya. Edy juga meminta maaf kepada keluarga Jokowi jika ada kekurangan dalam hal seserahan yang dibawa.

“Dan tak lupa, saya serahkan mas kawin beserta semua perlengkapan yang telah dibawa oleh pengiring calon pengantin, meskipun sedikit jumlahnya dan tidak seberapa nilainya, semoga bisa diterima dan membawa manfaat. Selanjutnya saya selaku wakil rombongan pengantar calon pengantin putra mohon beribu maaf kepada Yang Terhormat Bapak / Ibu Ir.H Joko Widodo sekeluarga, karena banyak kekhilafan dari tingkah laku, tutur kata yang kurang berkenan dihati keluarga disini, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tutur Edy mewakili pihak mempelai pria.

Setelah keluarga Bobby yang diwakilkan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi sebagai juru bicara menyerahkan mempelai pria berikut seserahan dan mas kawin pada keluarga Jokowi, pihak mempelai wanita pun menerima kehadiran rombongan keluarga Bobby Nasution.

Dalam proses tersebut Bobby terlihat gagah mengenakan busana adat batak berwarna merah tua. Sementara, Kahiyang yang terlihat ayu dengan kebaya khas Jawa berwarna merah.

Kendati demikian, Bobby tak diperkenankan masuk ke dalam rumah. Ia hanya boleh duduk sampai pekarangan rumah Jokowi. Hal tersebut sebagai syarat dari proses midodareni yang merupakan adat Jawa.(mtd/min)

===================

Komentar Anda