dr.Arie saat tampil di talkshow bertema "Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi" di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, Sabtu (3/9) pagi.(Ist)

medanToday.com, JAKARTA – Dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dr. Arie Sutopo, SpKO menegaskan bahwa berolahraga bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menjadi benteng kedua melawan virus Corona.

“Aktivitas olahraga menjadi benteng kedua untuk melawan serangan virus Corona ke dalam tubuh,” kata Arie dalam talkshow bertema “Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi” di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (3/9) pagi.

Dokter yang juga merupakan anggota tim Pengarah dan Pengawas (PB) PON ke-XX Papua itu mengatakan, olahraga minimal tiga puluh menit sehari menjadi benteng kedua setelah protokol kesehatan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

dr. Arie menjelaskan olahraga memiliki intensitas, durasi, dan frekuensi. Intensitas bisa dilakukan secara sedang atau ringan untuk meningkatkan imunitas dengan durasi minimal setengah jam per hari. Aktivitas ini dianjurkan dilakukan setiap hari.

Lanjut Arie, tiga hal ini yang membedakan olahraga dengan bergerak. Aktivitas di rumah seperti membersihkan kamar, mencuci pakaian tidak termasuk olahraga tapi bergerak, dan hanya berpengaruh terhadap otot serta sendi saja, namun tak berpengaruh pada imunitas tubuh. Pun begitu, Arie berpesan kepada masyarakat yang berolahraga di luar tetap menggunakan masker.

“Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak itu tetap karena ini tindakan pencegahan supaya virus nggak masuk ke tubuh,” jelas mantan Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) tersebut. (mtd/min)

Komentar Anda