Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Ist)

medanToday.com, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, penyuntikan perdana vaksin Covid-19 akan diprioritaskan kepada tiga kelompok.

Kelompok pertama adalah para pejabat pusat dan daerah. Kedua, pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci institusi kesehatan di daerah. Ketiga tokoh agama di tiap daerah.

“Ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menyediakan vaksin aman dan berkualitas untuk rakyat. Sekaligus mengajak semua masyarakat Indoneisa agar tidak ragu,” kata Wiku menjawab pertanyaan wartawan dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/1).

Masih dikatakan Wiku, setelah tiga kelompok itu, vaksinasi dilanjut dengan bertahap dan merata. Termasuk kepada golongan lanjut usia yang juga menjadi prioritas.

Menurutnya, ini merupakan komitmen pemerintah menjamin kesehatan seluruh golongan secara menyeluruh. Tujuannya mencapai kekebalan komunitas atau kelompok dengan tetap memperhatikan kesesuaian jenis vaksin dan target sasaran.

“Ini untuk meminimalisir efek samping yang tidak diinginkan,” pungkasnya.(mtd/min)

Komentar Anda