PFI-Medan Gelar Pameran Foto di Sinabung, Gubernur Sumut Beri Apresiasi

Pengurus PFI-Medan foto bersama Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi saat melakukan audiensi di kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (03/10). MTD/dok PFI-Medan

MEDAN,MEDAN-TODAY.com – Saat melakukan pertemuan antara PFI-Medan dengan Gubernur Sumut. Tengku Erry Nuradi menilai pewarta foto memiliki peran startegis dalam ikut menghadirkan solusi dan memberi semangat kepada masyarakat pengungsi Gunung Sinabung. Gubernur meyakini, melalui visul yang disajikan pewarta foto mampu mengurangi beban para pengungsi di Gunung Sinabung.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menerima audiensi pengurus Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan di ruang kerja Kantor Gubsu, Senin (3/10).

Kehadiran jajaran pengurus PFI Medan diantaranya Ketua Rahmad Suryadi, Sekretaris Risky Cahyadi dan Bendahara Hendra Syamhari dalam rangka menyampaikan rencana pelaksanan Pameran Foto Sinabung yang akan dilaksanakan di desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo pada 12 November 2016 mendatang.

Erry Nuradi dalam kesempatan itu menyambut baik dan mengapresiasi rencana penyelenggaraan Pameran Foto oleh PFI-Medan.Dan uniknya lagi pameran foto tersebut digelar di ruang terbuka dengan view Gunung Sinabung.

“Pesan saya, hendaknya foto-foto yang ditampilkan jangan hanya yang sedih-sedih saja. Tapi ada juga foto-foto yang bisa menggugah semangat dan yang dapat memberi solusi kepada masyarakat,” ujar Erry Nuradi.

Mantan Bupati Serdang Bedagai tersebut juga mengatakan bahwa foto jurnalistik memiliki keunggulan tersendiri, karena bisa bercerita lebih dari seribu kata. Apalagi dengan Tema Gunung Sinabung yang sedang mengalami erupsi berkepanjangan sehingga menyebabkan penderitaan bagi ribuan masyarakat.

PFI-Medan adalah organisasi profesi yang menaungi profesi pewarta foto di Medan, Sumut.
PFI-Medan adalah organisasi profesi yang menaungi profesi pewarta foto di Medan, Sumut.

Melalui visual yang dipamerkan, kata Gubsu, hendaknya PFI-Medan menampilkan potensi dan solusi.

“Misalnya dari debu Vulkanik ternyata bisa dibuat menjadi batako yang bisa diusahakan melalui home industri. Sehingga di dalam menghadapi problem, kita tetap harus mampu mencari peluang. Walaupun hari ini situasinya masih memilukan, tetap harus mencari solusi,” pinta Erry Nuradi kepada anggota .

Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi menjelaskan selain pameran, pihaknya juga menggelar penampilan seni dari anak anak pengungsi Sinabung dan memberi award kepada warga sekitar, sebagai bentuk apresiasi.

“Kegiatan ini bersamaan dengan pelantikan Pengurus PFI Medan yang mewadahi 62 pewarta foto yang dari berbagai media baik lokal, nasional maupun internasional,” jelas Rahmad.

selain melakukan pameran foto, juga akan dilaksanakan pelantikan kepengurusan PFI-Medan yang baru periode 2016-2020 di kawasan lingkar Gunung Sinabung. Pelantikan akan dilakukan oleh Ketua PFI Pusat yang juga dihadiri pendiri PFI yaitu Oscar Motuloh.(MTD/DIS)

Komentar Anda