Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke kios-kios di Pasar Horas Pematangsiantar. (Foto ANTARA/HO Humas)

medanToday.com,PEMATANGSIANTAR – Pusat perbelanjaan tradisional, Pasar Horas di kawasan Kelurahan Dwikora Kota Pematangsiantar disterilisasi dengan cairan disinfektan, Senin (23/3).

Petugas penyemprotan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyemprot seluruh area, termasuk gang-gang, kios-kios, dan jembatan penyeberangan.

Kepala BPBD Pematangsiantar Midian Sianturi mengatakan, penyemprotan disinfektan bertujuan agar pedagang dan pembeli terhindar dari COVID-19.

Sebelumnya, kegiatan telah dilakukan di kantor dan rumah dinas Wali Kota, gedung DPRD, Mapolresta, dan Lapangan Merdeka atau taman kota.Selanjutnya, kata Midian, pihaknya akan melakukan penyemprotan secara kontiniu, termasuk rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

Pada kegiatan itu, dia mengimbau agar para pedagang menjaga kebersihan kios masing-masing, menghindari kontak langsung dengan pembeli, dan mencuci tangan setelah melakukan transaksi jual beli.

Direktur Keuangan dan Administrasi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Pematangsiantar Toga Sehat Sihite menginformasikan pihaknya sudah melakukan sosialisai kepada para pedagang untuk menghindari COVID-19.

Manajemen pusat perbelanjaan tradisional itu juga sudah menyediakan tempat cuci di beberapa titik.(mtd/min)

===========================

Komentar Anda