Pebalap Repsol Honda dari Spanyol, Marc Marquez, melakukan selebrasi seusai menjuarai GP Aragon yang berlangsung di MotorLand Aragon, Alcaniz, Minggu (24/9/2017). (JOSE JORDAN/AFP PHOTO)

medanToday.com – Rekor baru dicetak pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, seiring dengan kemenangannya pada seri balap (grand prix/GP) Aragon, Minggu (24/9/2017).

Marquez yang mempecundangi rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo (Ducati Team), kini resmi menjadi pebalap MotoGP yang paling sering juara di MotorLand Aragon, Spanyol.

Pebalap 24 tahun itu tercatat sudah tiga kali memenangi balapan GP Aragon yakni pada 2013, 2016, dan 2017.

Jumlah tersebut lebih banyak satu titel dibanding yang diraih Lorenzo (2014, 2015) dan mantan pebalap MotoGP asal Australia, Casey Stoner (2010, 2011).

Pada keseluruhan kelas balap yang diperlombakan (Moto3, Moto2, dan MotoGP), Marquez sebetulnya sudah mencatatkan diri sebagai pebalap dengan gelar juara terbanyak pada GP Aragon.

Sebelum naik podium kampiun pada tahun ini, rider Spanyol itu sudah tiga kali melakukan hal serupa di Aragon.

Perinciannya, satu kali pada kelas Moto2 (2011) dan dua kali pada kelas MotoGP.

Kini, setelah menjuarai GP Aragon 2017, total koleksi gelar Marquez pada balapan di Motorland Aragon itu bertambah menjadi empat.

Di luar rekor di Aragon, hasil positif Marquez akhir pekan ini juga menggenapi jumlah kemenangan pada sepanjang kariernya (semua kelas) menjadi 60 kali.

34 kemenangan di antaranya diraih Marquez pada kelas MotoGP.

(MTD/MIN) 

Komentar Anda