Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Ist)

medanToday.com, JAKARTA – Pfizer, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat yang bekerja sama dengan BioNtech mengklaim telah menemukan vaksin Covid-19. Vaksin tersebut dikabarkan memiliki efektivitas hingga 90 persen mampu mengurangi gejala Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan aspek pendukung kandidat vaksin Covid-19, yang akan masuk ke Indonesia.

“Pada prinsipnya pemerintah terbuka terhadap kandidat vaksin yang cocok dan efektif. Namun, harus tetap mempertimbangkan aspek pendukung kandidat vaksin tersebut,” kata Wiku saat memberi keterangan pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11) kemarin.

Wiku menekankan, penanganan Covid-19 membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, pihak swasta dan lembaga internasional supaya meningkatkan efektifitas penanganan. Saat ini pemerintah mengikuti perkembangan uji klinis vaksin Covid-19 yang dilakukan di berbagai negara. Termasuk temuan yang terjadi di Brazil beberapa waktu lalu.

“Saat ini kandidat vaksin Covid-19 sedang dalam tahap uji klinis fase. Vaksin baru dapat digunakan setelah memperoleh lolos uji klinis fase 3 dan memperoleh emergency use of authorization dari Badan POM (Pemeriksa Obat dan Makanan),” ungkap Wiku. (mtd/min)

Komentar Anda