medanToday.com,MEDAN – Gubernur Sumatera Utara,Erry Nuradi mengaku peringatan keagamaan umat Hindu, Thaipusam dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Medan. Oleh karenanya Gubsu sangat mendukung jika Thaipusam masuk dalam kalender of even pariwisata Sumut.

“Meskipun Thaipusam merupakan kegiatan keagamaan tapi dari sisi kebudayaannya juga sangat menarik sekali untuk disaksikan. Kegiatan ini setiap tahunnya di gelar, tapi di Kota Medan sudah lama tidak dilaksanakan,”ujar Gubsu saat menerima kepengurusan Parisada Hindu Dharma (PHDI) Sumut di ruang kerjanya di lantai 10 Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Kamis (12/1/2017).

Dikatakan Gubsu, Pemprovsu tentunya sangat mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan termasuk perayaaan Thaipusam. Bahkan Gubsu menyakini Thaipusam dapat menarik minat wisatawan ke Medan. Gubsu juga mengucapkan selamat kepada Kepengurusan PHDI yang baru.

“Pemprovsu tentu sangat mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan. Makanya tadi saya sampaikan kepada ketua maupun pengurus untuk saling mengingati agar tidak lupa kegiatan serupa,” harap Gubsu Erry.

Sementara itu Wakil Ketua PHDI Sumut Manogren mengatakan bahwa perayaan Thaipusam merupakan kegiatan yang dilaksanakan umat Hindu setiap tahunnya di seluruh dunia.

Tahun ini perayaan Thaipusam akan dilaksanakan di Kota Medan pada 9 Februari mendatang. Pada perayaan nanti akan dipertunjukan sebuah kereta kencana yang berusia 122 tahun. Kereta kencana ini menurut Manogren sudah empat tahun dikeluarkan.

Dikatakannya, diperkirakan perayaan Thaipusam akan dihadiri lima ribuan orang tidak hanya dari masyarakat Tamil tetapi juga melibatkan warga sekitar.

“Tidak hanya masyarakat tamil tapi juga penduduk sekitar ikut berpartisipasi. Kita juga akan menyediakan kantong-kantong makanan bagi umat yang hadir,”ujarnya.

Masih menurut Manogren, setiap tahunnya ada ribuan umat hindu di Sumut yang memilih keluar negeri seperti Kuala Lumpur dan Penang karena di Kota Medan tidak menggelar perayaan Thaipusam. “Seharusnya dari luar yang kemari memberi inves untuk negara yang kita cintai ini,” pungkasnya. (mtd/min/ril)

=========

Komentar Anda