Polda Sumut Siap Amankan Kegiatan Torch Relay Asian Games 2018

medanToday.com, MEDAN – Polda Sumatera Utara menggelar Rapat Kordinasi Persiapan Pengamanan Torch Relay Asian Games 2018. Rencananya, kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 akan melintasi sejumlah kabupaten/kota di Sumut.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengataka,n kegiatan ini merupakan momen untuk menggelorakan semangat kepada para generasi penerus bangsa khususnya para pelajar di seluruh Provinsi Sumut dengan menghadirkan para pelajar di kegiatan ini.

Secara keseluruhan, Paulus sepakat dengan usulan bahwa FKPD harus terlibat dalam kegiatan lari dan membawa obor Asian Games ini guna memberikan semangat dan meningkatkan cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

Anggaran terhadap transportasi dan penginapan akan didukung oleh Pemprov dan Pemkab secara langsung. Sementara anggota yang terlibat dalam pengamanan menjadi tanggung jawab para Kapolres masing-masing daerah.

“Saya berharap adanya perhatian khusus dari Pemprov khususnya menyambut momen ini terhadap para atlet maupun mantan atlet berprestasi dari Sumut,” katanya, Rabu (25/7/2018).

Dalam Rakor yang dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama Polda Sumut itu, Paulus berharap sebelum kegiatan ini berlangsung seyogyanya dilakukan gladi bersih dan mempublikasikannya ke publik.

“Kita perlu laksanakan gladi bersih dan viralkan kepada media untuk menunjukkan semangat dari kegiatan Torch Relay maupun kesiapan Sumut dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kita akan menggunakan jalur arteri guna memudahkan masyarakat dalam menonton kegiatan Torch Relay ini,” terangnya.

Untuk arus lalu lintas saat kegiatan berlangsung, Paulus telah memerintahkan Dirlantas dan juga Kasat lantas se-Sumut dalam keamanan para peserta.

“Agar pergerakan api obor diSumut ini dapat kita maknai denga suatu kebanggan bahwa Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games. Maka mari kita bersama berikan apresiasi kepada pemerintah yang begitu serius menyiapkan seluruh kegiatan tersebut dengan mendukung kelancaran kegiatan tersebut,” sebut Paulus.

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, menyampaikan kepada masing-masing Pemkab yang paling utama dalam kegiatan ini adalah pengarahan massa. Agar para Pemkab dapat menghadirkan massa untuk memeriahkan kegiatan ini.

“Kita berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan kekayaan alam, budaya dan keindahan di Prov. Sumut kepada masyarakat internasional,” jelasnya.

Dirinya memastikan akan mendukung seluruh kebutuhan anggaran kegiatan tersebut, agar segera laporkan terkait setiap perencanaan kebutuhan anggaran masing-masing daerah khususnya kebutuhan transportasi dan penginapan.

“Kami dari pihak Dispora telah melaksanakan rapat-rapat bahkan telah menyiapkan seluruh pengadaan kebutuhan dari kegiatan tersebut,” cetusnya.

Polda Sumut akan melibatkan sebanyak 204 personel Satgas Polda Sumut dan 917 personel Satgaswil Jajaran Polda Sumut dalam melaksanakan pengamanan di seluruh wilayah Sumut saat kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 berlangsung. (mtd/yud)

 

=================================

Komentar Anda