Promosikan Danau Toba, TOBASA Perkenalkan Kesenian Budaya di PRSU

Kabupaten Tobasa saat mengisi panggung budaya di PRSU. MTD/Ist

medanToday.com,MEDAN – Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 Tahun resmi dibuka Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi pada Jumat 17 Maret 2017 lalu.

Kegiatan yang bertema Malam Kesenian Pemerintah Kabupaten Toba Samosir ini diselenggarakan sebagai wujud partisipasi Kabupaten Tobasa memeriahkan penyelenggaraan PRSU.

Selain itu juga, sebagai salah satu kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba. Even ini diselenggarakan untuk mengenalkan dan menonjolkan potensi dan kekayaan budaya dari Kabupaten Tobasa. Tujuan utamanya yakni untuk mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

Malam kesenian Pemkab Tobasa dibuka dengan pertunjukkan Terompet Sangsakala yang dimainkan oleh masyarakat Tobasa. Bupati Tobasa Darwin Siagian beserta istri, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus beserta istri dan jajaran Pemerintah Kabupaten Tobasa pun terlihat ikut menortor memeriahkan acara.

Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan Tobasa Voice yang menghibur para penonton dengan suara merdunya. Pertunjukan juga dimeriahkan dengan penampilan Sang Guru Martogi Sihotang menunjukkan kepiawaiannya bermain seruling.

Bupati Tobasa Darwin Siagian mengungkapkan, dalam pertunjukkan kesenian yang digelar, pihaknya memberdayakan seluruh masyarakat Tobasa sebagai upaya pengembangan kesenian kebudayaan daerah yang dipimpinnya.

“Semua pengisi acara kita datangkan dari kampung. Ini dilakukan ntuk membangkitkan kesenian budaya dan pariwisata,” ujar Darwin, Kamis 23 Maret 2017 malam di PRSU Medan.

Selain dari sisi kesenian, pihaknya juga saat ini tengah mempersiapkan masyarakat Tobasa agar mampu menghadapi pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

Direktur Badan Otorita Danau Toba Arie Prasetyo yang juga hadir mengungkapkan, untuk mewujudkan peningkatan kawasan Danau Toba pihaknya tengah mendorong percepatan akses penduking agar wisatawan mancanegara dapat lebih mudah datang ke Danau Toba.

“Kami lagi mengupayakan Bandara Silangit jadi bandara internasional untuk menambah akses ke Danau Toba. Dengan begitu, target satu juta wisman ke Danau Toba segera terwujud,” paparnya.

Perhelatan Pekan Raya Sumatera Utara sendiri akan berlangsung hingga 17 April 2017 mendatang. Selama satu bulan, Pekan Raya Sumatera Utara akaj dimeriahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari 33 kabupaten dan kota se Sumut.

Selain pertunjukan seni dan budaya, setiap kabupaten kota yang ada di Sumut pun membuka stan yang memperkenalkan hasil sumberdaya alam dan lokasi wisatanya masing-masing.

Komentar Anda