medanToday.com,MEDAN– Kegiatan Donar Darah Plasma Konvalesen dan Donor Darah yang dilaksanakan oleh Garda Pemuda NasDem Dewan Pimpinan Wilayah Sumatera Utara dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Medan bertajuk Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) Rabu (18/8/2021) dinyatakan berakhir.

Dalam keterangannya kepada media, Ketua Garda Pemuda NasDem Sumut, Defri Noval Pasaribu, menyatakan bahwa rangkaian kegiatan PSP Berderma kerjasama Garda Pemuda NasDem Sumut dan UDD PMI Kota Medan berhasil mengumpulkan 178 kantong darah, baik donor darah biasa maupun donor darah plasma konvalesen.

“Rangkaian kegiatan PSP Berderma yang di gelar sejak 2 Agustus sampai dengan 18 Agustus hari ini, telah berhasil mengumpulkan sebanyak 178 kantung darah yang terdiri dari donor plasma maupun donor darah biasa,” jelasnya kepada awak Media di Aula partai NasDem Jl. H.M. Yamin Medan.

Defri Noval yang pada kesempatan tersebut didampingi Ketua Satgas PSP Berderma Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara, dr. Indri Mahrani, Sekretaris Satgas PSP Berderma, Affandi, Sulafmi, Elviana, Mitha Triana, Syapala, Ridho Febrian, Juliyono dan pengurus lainnya juga menerangkan bahwa Kegiatan PSP Berderma Garda Pemuda NasDem adalah program nasional yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan PSP Berderma merupakan program aksi kemanusiaan yang digelar di seluruh Indonesia. Sesuai dengan arahan Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh,” jelasnya.

Selain itu, Defri Noval juga memaparkan latar belakang kegiatan PSP Berderma, lahir dari keprihatinan Garda Pemuda NasDem pada kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang belum menampakkan tanda ke arah yang membaik.

“Sehingga Garda Pemuda NasDem berinisitatif untuk melakukan aksi nyata dalam ikut berperan serta membantu tugas – tugas pemerintah. Sebab apapun yang dilakukan oleh pemerintah tanpa mendapat support dari masyarakat, maka tidak akan berhasil. Sehingga Garda Pemuda NasDem hadir bersama sama pemerintah untuk membantu penanganan pandemi Covid – 19 ini,” terangnya.

Belum lagi, tambah Defri, di masa pandemi Covid-19, PMI juga mengalami kekurangan stok darah, baik plasma maupun darah biasa. “Maka kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu PMI dalam penyediaan akan darah,” ujarnya

Dengan kegiatan ini, Defri Noval berharap gerakan donor plasma dapat diikuti oleh kelompok masyarkat yang lain sebagai bentuk kepedulian sosial dalam membantu sesama. “Harapan Garda Pemuda NasDem apa yang telah kami lakukan dapat menginfluence kelompok masyarakat dan organisasi lainnya. Karena pandemi Covid-19 ini merupakan masalah kita bersama. Memang kalah dalam perang melawan Pandemi Covid – 19, terletak ditangan kita, seluruh komponen anak bangsa,” harapnya.

Sementara itu, dr. Maulana mewakili UDD PMI Kota Medan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Garda Pemuda NasDem Sumut. UDD PMI kota Medan mengapresiasi pada kegiatan PSP Bersama Donor Plasma Garda Pemuda NasDem Sumut. Dikatakannya, bahwa sejak Pandemi Cofid-19 jumlah ketersediaan darah biasa sangat kekurangan, apalagi darah plasma.
“Apresiasi yang tinggi kepada Garda Pemuda NasDem Sumut dengan kegiatan PSP Bersama Donor Plasma ini. Garda Pemuda NasDem adalah organisasi pertama yang menjadi pelopor gerakan ini. Semoga dapat diikuti oleh organisasi lain,” kata dr. Maulana.

======================

Komentar Anda