Mobil ambulance khusus pasien Covid-19 milik RSUP Haji Adam Malik. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik menambah dua ambulance baru untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pasien Covid-19.

Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri mengatakan, dua ambulance baru ini berfungsi untuk memindahkan pasien Covid-19 dari ruang IGD menuju ruang perawatan. Sebab, selama ini pihaknya masih memakai kenderaan yang biasa digunakan pasien umum.

“Ambulance ini bertujuan untuk memenuhi pelayanan kepada pasien Covid-19. Dua bus kemarin belum khusus untuk pasien Covid-19. Pasien itu tidak boleh diantar dengan berjalan kaki karena harus benar-benar safety, makanya perlu ambulance khusus,” kata Zainal saat meninjau dua ambulance di depan Gedung Administrasi RSUP HAM, Selasa (29/12) kemarin.

Zainal menjelaskan, dua armada baru ini hasil rakitan dari mobil jenis Toyota HiACE Commuter tipe Deluxe Extra VIN 2020 yang sudah dilengkapi karoseri. Fasilitas di dalam dilengkapi sistem oksigen sentral dan stretcher (tandu). Selian itu, juga dibekali perangkat air purifier (pembersih udara) dan sistem HEPA filter.

“Sistem itu membuat dua ambulance ini bertekanan negatif agar mencegah penyebaran virus Covid-19. Jadi, mudah-mudahan kita bisa memenuhi kekurangan pelayanan selama ini,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan dengan ini membuat masyarakat lebih nyaman. Apalagi mobilnya juga lumayan besar,” pungkasnya. (mtd/min)

Komentar Anda