Seorang pengunjuk rasa dari Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat, memeluk petugas kepolisian usai melakukan aksi unjuk rasa, di depan kantor Bawaslu di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Aksi berjalan tertib, aman dan damai. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

medanToday.com,JAKARTA – Segelintir peserta unjuk rasa yang tersisa di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai membubarkan diri setelah melakukan aksi sejak siang sampai malam hari, Selasa (21/5).

Pantauan wartawan di lapangan, peserta yang tersisa membubarkan diri dari depan kantor Bawaslu terlihat melambaikan tangannya ke barisan aparat keamanan yang berjaga. Aparat pun melambai balik ke para peserta.

Sebelumnya, polisi telah bernegosiasi membujuk massa untuk mengakhiri aksinya pada Selasa (21/5) malam ini. Dipimpin Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan, mereka berhasil memulangkan peserta kembali ke tempatnya masing-masing.

“Terima kasih, terima kasih, hormat saya kepada kalian,” kata Harry berkali-kali ke arah peserta unjuk rasa.

Sikap Harry dan bawahannya tersebut ternyata mendapat sambutan positif dari massa aksi. Ini berbeda ketika aparat mulai bersiaga untuk membubarkan aksi tersebut.

Saat itu, sekitar pukul 20.00 WIB, beberapa ketegangan sempat terjadi baik dari barisan polisi, maupun dari barisan pengunjuk rasa. Beberapa teriakan sesekali terdengar sebagai bentuk provokasi.

Namun, setelah dibujuk berkali-kali, koordinator lapangan aksi dapat meredam ketegangan. Mobil komando aksi pun akhirnya meninggalkan lokasi demo dari Jalan MH Thamrin ke arah jalan Wahid Hasyim, dan sebagian besar massa mengikuti.

Segelintir massa pun melambaikan tangannya kepada aparat yang berjaga. Sesekali mereka terlihat mengacungkan jempolnya untuk mengapresiasi sikap aparat. Sikap itu direspons aparat dengan turut melambaikan tangan ke para peserta.

Massa akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 20.45 WIB. Mereka pergi meninggalkan lokasi demo melalui ruas Jalan Wahid Hasyim yang mengarah ke Tanah Abang dan Menteng.(mtd/min)

==========================

Komentar Anda