Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan (Ariandi)

medanToday.com, SUMUT – Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan memprediksi sebanyak 8,2 juta vaksin Covid-19 akan tiba di Sumut pada November mendatang. Nantinya vaksin akan diberikan kepada beberapa golongan.

“Vaksin itu diperuntukkan kepada masyarakat yang berumur 17 sampai dengan 59 tahun. Sementara, anak-anak dan di atas 60 tahun tidak diberikan,” kata Alwi, Selasa (27/10).

Alwi menjelaskan, program vaksinasi dari pemerintah merupakan salah satu upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Sumut.

Menurut Alwi, 8,2 juta vaksin itu sudah memenuhi 60 persen dari jumlah penduduk di Sumut yang berkisar 14 juta jiwa. “Artinya, ini sudah cukup besar dengan jumlah yang ada,” ujarnya.

Target dari progam vaksinasi tersebut yaitu instansi yang melakukan pelayanan umum. Diantaranya tenaga kesehatan, TNI, Polri. Kemudian Dinas Capil, perbankan atau loket yang melayani kebutuhan masyarakat. Selanjutnya akan dilakukan bagi orang-orang yang terjun ke masyarakat.

“Intinya kepada yang melayani masyarakat, ya. Setelah itu baru ke orang yang terjun ke masyarakat, barangkali wartawan juga termasuk. Jadi itulah prioritasnya,” ungkapnya.

Alwi menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan tahap sosialisasi dan persiapan baik kepada petugas maupun masyarakat.

“Masih tahap persiapan dan sedang memberi pemahaman kepada petugas maupun masyarakat,” jelasnya. (mtd/cis)

Komentar Anda