Saat Anda berbelanja di Alfamart, kasir pasti akan bertanya apakah uang kembalian Anda ingin didonasikan. Mungkin ada yang bertanya-tanya, didonasikan kemana uang tersebut? Seluruh uang receh donasi konsumen yang terkumpul dari Alfamart se-Indonesia digunakan untuk aksi kemanusiaan.

Melalui program Donasi-Ku, Alfamart mengajak konsumen turut berpartisipasi membantu sesama selain program corporate social responsibility (CSR) yang menggunakan dana perusahaan.

“Bahkan sesuatu yang kecil pun dapat berarti besar bagi mereka yang membutuhkan,” ujar Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin.

Tidak perlu khawatir karena program Donasi-Ku telah disetujui Kementerian Sosial Republik Indonesia. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) sebagai pengelola Alfamart pun akan mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan. Ini merupakan bentuk tanggungjawab etika SAT kepada publik. Program Donasi-Ku sendiri terdiri dari 2 jenis.

BACA: Bantu Warga Sinabung, Alfamart Renovasi Gedung Sekolah

alfamart-csrPertama adalah Donasi-Ku Belanja, dimana konsumen menyalurkan sebagian uang kembaliannya. Kedua adalah Donasi-Ku Bebas, dimana konsumen bisa mendonasikan uang tanpa harus berbelanja terlebih dulu. Sepanjang semester pertama 2015, uang yang terkumpul melalui program Donasi-Ku telah digunakan untuk berbagai aksi kemanusiaan.

Bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Alfamart membangun 3 rumah singgah menggunakan donasi konsumen periode 1 – 31 Januari 2015 sebesar Rp 2.396.592.401. Rumah singgah itu didirikan untuk membantu anak-anak kurang mampu yang sedang menjalani proses pengobatan kanker.

Alfamart kemudian bekerjasama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa kembali menginisiasi program Bright Eyes, Bright Future. Menggunakan donasi konsumen periode 1 Februari – 30 April 2015 sebesar Rp 6.949.230.470, Alfamart menyalurkan 30.000 kacamata gratis untuk anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat.

Penyerahan kacamata telah dilakukan di berbagai kota, termasuk di Jakarta. Pada 26 Juni lalu, Alfamart bersama Gubernur DKI Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama menyerahkan 7.285 kacamata. Tahun lalu Alfamart menyalurkan 9.626 kacamata dan memberikan pemeriksaan mata gratis untuk 42.438 anak.

Alfamart juga bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia untuk merekonstruksi rumah layak huni bagi keluarga pra-sejahtera. Program bernama Kampung Alfamart ini menggunakan donasi konsumen periode 1 – 31 Mei 2015 yang terkumpul sebesar Rp 2.640.754.074.

Sepanjang tahun 2015, lebih dari 70 rumah layak huni rencananya akan dibangun kembali. Program Kampung Alfamart sendiri telah berlangsung sejak tahun 2013 dan telah merekonstruksi 106 rumah di Tangerang, Medan, Surabaya dan Semarang. “Dengan memiliki tempat tinggal yang bersih dan nyaman, kami berharap kualitas hidup masyarakat bisa turut meningkat,” ujar Solihin.

Menutup semester pertama 2015, Alfamart kembali bekerjasama dengan United Nations Children Fund (UNICEF) dalam program Sahabat Pendidikan Indonesia. Program yang telah berjalan sejak tahun 2014 ini bertujuan mengembangkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif, baik dari segi fasilitas maupun tenaga pengajarnya.

BACA: Menteri Sosial Serahkan Mobil Alfamart Untuk Anak Sinabung Sekolah

 

Untuk program Sahabat Pendidikan Indonesia, Alfamart menggunakan donasi konsumen periode 1 – 30 Juni yang mencapai Rp 2.636.696.021. Sementara pada awal semester kedua 2015, Alfamart bekerjasama dengan Yayasan BM Cinta Indonesia akan menyalurkan sedikitnya 10.000 paket bantuan kebutuhan pokok kepada keluarga prasejahtera. Penggalangan donasi konsumen berlangsung pada 1 – 31 Juli 2015.


Mengenal Program Donasi-Ku Belanja

Seorang karyawan toko melayani konsumen yang melakukan proses pembayaran usai berbelanja di Alfamart. (sumber:internet)
Seorang karyawan toko melayani konsumen yang melakukan proses pembayaran usai berbelanja di Alfamart. (sumber:internet)

Setiap konsumen yang berbelanja di minimarket Alfamart akan ditawarkan untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang sedang berjalan sesuai periodenya.

Kasir akan menanyakan kesediaan konsumen untuk berdonasi dari sebagian uang kembalian yang nominalnya di bawah Rp 500.

Jika bersedia, maka konsumen bisa menekan pilihan “Yes” yang muncul pada layar dual LCD kasir. Jika keberatan, konsumen berhak menekan pilihan “No” dan kasir akan mengembalikan sesuai nominal seharusnya.

Pada layar kasir, tersedia media informasi program sosial yang sedang berjalan dalam program Donasi-Ku Belanja. Selama proses transaksi, konsumen juga berhak menanyakan lebih lanjut kepada kasir ke mana donasi tersebut akan disalurkan.

BACA: Siswa Siantar Belajar Usaha Ritel Sedari Dini

Nilai donasi akan tercantum dalam struk belanja. Jika terdapat ketidaksesuaian, konsumen berhak menanyakan langsung kepada kasir. Pastikan anda menerima bukti Donasi-Ku yang tertera pada struk belanja.

Anda bisa mengecek publikasi penyaluran Donasi-Ku di website www.alfamartku.com, Twitter @alfamartku dan @donasi_ku, Facebook fanpage Alfamart Sahabat Indonesia dan berbagai media nasional.

Jika Anda memiliki keluhan mengenai program Donasi-Ku, sampaikan melalui Call Center Sahabat Alfamart di nomor (021) 1500 959, SMS 0817 111 234 atau e-mail ke customercareho@sat.co.id. (Adv)

…………

Komentar Anda