Tiap Selasa Kedokteran USU Gelar Swab Gratis di Jalan Ismailiyah Medan

Seorang warga saat mengikuti Swab Test di Pendopo USU, Medan,Selasa (18/8). Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com, MEDAN – Fakultas kedokteran USU menggelar tes Swab secara gratis kepada masyarakat Kecamatan Medan Area. Kegiatan dilakukan di tempat praktek dokter dr Ichwan di Jalan Ismailiyah Medan, Kamis (17/12).

Selaku penyelenggara, dr. Ichwan menjelaskan bahwa tes Swab gratis ini dibiayai oleh lembaga pengabdian masyarakat USU yang bekerja sama dengan skema internasional. Pemeriksaan perdana dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

“Meskipun diprioritaskan kepada warga Medan Area, tetapi daerah lain juga ikut. Kita ada juga melibatkan tim medis dari universitas Kanada dan London,” katanya.

Swab gratis ini adalah sebagai tindak lanjut dari proses pelatihan kepada tenaga medis di puskesmas dan klinik BPJS di Kecamatan Medan Area. Tujuannya agar mereka bisa merawat pasien yang terpapar Covid-19 dan terisolasi di rumah.

“Hari ini pembukaannya, ke depan tes swab akan dilaksanakan tiap Selasa sampai 12 Januari 2021 mendatang,” ungkapnya.

dr. Ichwan penyelenggara tes Swab gratis di Kecamatan Medan Area. (dok: medanToday.com)

Masih dikatakan Ichwan, kegiatan ini juga berguna untuk menjaring mana warga yang positif atau tidak. Dalam prosesnya, pihaknya juga dibantu Satgas Penanganan Covid-19 dan laboratorium mikrobiologi Fakultas Kedokteran USU.

“Bagi yang terkonfirmasi positif, maka akan kita dampingi terkait bagaimana penanganan lanjutan. Apakah melakukan isolasi mandiri di rumah atau mendapatkan fasilitas kesehatan,” katanya.

“Untuk hasilnya akan diketahui maksimal 48 jam. Kalau positif dikabari melalui pesan singkat. Kemudian segera dilayani di sini bersama pihak puskesmas dan klinik,” tambahnya.

Menurutnya, antusiasme warga sudah cukup baik. Bahkan, jumlah warga yang datang di hari perdana ini mencapai 80 orang. Padahal targetnya hanya 50 sampai 60 orang.

“Antusiasnya sudah baik meski masih ada yang takut kalau hasilnya positif. Padahal, kalau ikut menjalani tes kita bisa menjaga diri. Terlebih bagi masyarakat yang ingin mengunjungi keluarga di masa libur Natal dan Tahun Baru. Jangan sampai kita membawa penyakit ke kampung,” pungkasnya. (mtd/min)

Komentar Anda