ilustrasi Dufan Nikmati Liburan Akhir Tahun di 4 Wahana Baru Dufan (Dok www.ancol.com)
ilustrasi Dufan Nikmati Liburan Akhir Tahun di 4 Wahana Baru Dufan (Dok www.ancol.com)

medanToday.com, JAKARTA – Pemerintah terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan saat melewati liburan panjang di masa pandemi Covid-19. Hal ini bertujuan menekan naiknya angka penyebaran Covid-19.

Untuk itu, setiap keluarga disarankan membuat rencana dan perlindungan ekstra agar tidak tertular virus Corona selama menghabiskan waktu liburan.

Menurut Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono kunci utama melindungi diri dari virus selama liburan adalah menghindari penularan. Caranya dengan menjalankan Prokes 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Kuncinya adalah menghindari penularan melalui droplet. Makanya harus pakai masker yang bisa melindungi hidung dan mulut. Menjaga jarak agar saat berbicara sedikit droplet keluar. Saling menjaga jarak sehingga tidak terkena, dan penting untuk mencuci tangan pakai sabun,” kata Tri seperti dikutip dari covid19.go.id, Kamis (29/10).

Agar aman dari penularan virus Covid-19 saat menjalani waktu liburan, Tri membagi beberapa tips kepada masyarakat.

1. Hindari percikan air liur saat berbicara

Tri menjelaskan, penyebaran virus Corona terjadi melalui penularan droplet yaitu percikan air liur saat berbicara. Ini yang membuat masyarakat diminta patuh menggunakan masker dan jaga jarak serta menghindari kerumunan agar tidak terpapar.

“Masker yang digunakan berbahan kain hanya melindungi 70 persen sedangkan masker bedah 80-90 persen. Yang paling aman adalah masker jenis N95,” ujarnya.

2. Hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak

Masih dikatakan Tri, jika masyarakat memutuskan berlibur ke tempat wisata maka pilih daerah yang tidak terlalu padat, tujuannya sebagai antisipasi terhadap potensi penyebaran virus.

3. Kenali status zona tempat wisata sejak awal

Sebelum berangkat, lanjutnya, masyarakat diimbau agar terlebih dahulu mengecek status zonasi lokasi wisata yang bakal dituju. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara mengunjungi laman resmi Satgas Penanganan Covid-19 atau menanyakan langsung ke kantor pemerintahan setempat.

“Apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye atau merah. Dan disarankan pilih lokasi hiburan zona hijau yang relatif lebih aman,” katanya.

4. Pastikan lokasi hiburan tempat terbuka

Tri menambahkan, tips berikutnya yaitu pastikan lokasi hiburan yang dipilih adalah tempat terbuka seperti pantai atau wisata pegunungan (outdoor).

“Hindari ruangan tertutup yang tidak masuk cahaya matahari dan udara,” sambung Tri

5. Pastikan kondisi tubuh fit

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi diri dan keluarga dalam keadaan fit sebelum berangkat ke lokasi hiburan. Jika kurang sehat sebaiknya tunda perjalanan. “Kalau seperti itu lebih baik mencari hiburan di dekat rumah,” jelasnya (mtd/min)

Komentar Anda