1 Oktober Target Dwelling time 2,5 Akan Diterapkan

Suasana terminal peti kemas di Pelabuhan BICT Belawan Medan,belum lama ini. MTD/Dedis SJ

MEDAN,MEDAN-TODAY.com –┬áCorporate Secretary Pelindo I, M Eriansyah mengatakan, Pelindo satu, bersama Otoritas Pelabuhan (OP) Belawan dan seluruh stakeholder, sudah menyepakati target dwelling time 2,5 hari akan diterapkan terhitung mulai 1 Oktober 2016 mendatang.

“Ya target kita, 1 Oktober sudah 2,5 hari, sementara untuk masa uji cobanya kita mulai dilakukan 27 September 2016. Ini kan sinergi sama instansi terkait lainnya, kalau Pelindo saja bisa siapkan bongkar muat itu hanya 35 jam,” katanya Senin (26/9/2016).

Dikatakannya, sejak instruksi presiden dikeluarkan, Pelindo I dan stakehilder terkait sudah melakukan pembahasan untuk mempercepat dwelling time.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan koordinasi dengan seluruh pengguna jasa pelabuhan, kita sudah meyatukan semangat yang sama untuk menekan permasalahan dwelling time. dan kita putuskan untuk menargetkan dwelling time menjadi 2,5 hari, sesuai dengan anjuran presiden,” ungkapnya.

Instruksi Presiden Joko Widodo tentang waktu bongkar muat barang dari kapal, atau dwelling time di pelabuhan, belum terlaksana dengan baik hingga saat ini.

Intruksi yang mengharuskan waktu bongkar muat 2,5 hari, belum terlaksana di Pelabuhan Belawan Medan. Saat ini, waktu dwelling time di Pelabuhan Belawan masih ditempuh dengan waktu 4,6 hari.(MTD/tribunmedan/raj)

Komentar Anda