Petugas gabungan menggiring narapidana pascakerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (12/2/2020). ANTARA FOTO/Hasan

medanToday.com,KARO – Kerusuhan terjadi di Rutan Kelas IIA Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (12/2). Sebanyak 410 narapidana terdampak akibat kericuhan itu. Kabagpenum Div Humas Polri, Kombes Pol Asep Adisaputra, mengatakan, para narapidana tersebut segera dipindahkan ke Lapas Gusta di Medan.

“Masih direncanakan pemindahan ke Lapas Gusta, Medan,” kata Asep dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/2).

Asep menuturkan, saat ini kericuhan sudah dapat diredam. Ia memastikan seluruh narapidana dalam kondisi selamat.

“Jumlah warga binaan seluruhnya 410 terdiri dari 380 laki-laki dan 30 perempuan. Semuanya dalam keadaan aman dan selamat,” kata Asep.

Beredar informasi dugaan kericuhan dipicu salah satu narapidana dirantai berhari-hari. Tidak terima dengan hal itu, narapidana di sana berontak hingga terjadi kericuhan. Namun menurut Asep, informasi itu belum bisa dipastikan kebenarannya.

“Penyebabnya masih dalam penyelidikan,” kata Asep.

Kericuhan di Rutan Klas II A Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut, diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Akibat peristiwa itu beberapa bangunan di sana sempat terbakar. Dipastikan tak ada narapidana yang kabur akibat kericuhan ini.(mtd/min)

====================

Komentar Anda