Asosiasi Media Siber Indonesia. (Istimewa)

medanToday.com,JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) akan melakukan rapat kerja nasional (rakernas) guna menentukan program satu tahun ke depan. Rakernas ini juga sekaligus mewadahi pemilik media dengan pengusaha startup untuk mengembangkan bisnis di media digital.

“Rakernas ini untuk mempertemukan para pemilik media bisnis startup dengan para pebisnis yang akan melakukan investasi ke media mana yang mereka inginkan. Kemudian ada juga jurnalis yang bisa membuat konten yang baik tapi tidak bisa membuat media sendiri,” ujar Ketua AMSI Wenseslaus Manggut (Wens Manggut) dalam jumpa pers di Perpustakaan Nasional, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Rakernas akan dilaksanakan pada Jumat (1/3). Wens mengatakan pihaknya akan memberikan kesempatan kepada para pemilik media digital untuk memaparkan hal-hal yang menarik dari medianya, sehingga dapat menggandeng para pebisnis startup yang hadir nanti.

“Kita akan membicarakan migrasi dari media yang sebelumnya dalam bentuk cetak ke media digital. Itu bagaimana nanti prosesnya bisa smooth. Media yang migrasi itu, apa yang menarik dari mereka, apakah media digital ini seksi untuk para pebisnis,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut Wens, para pemilik media harus menawarkan konten yang menarik. Ia pun memberikan contoh bagaimana media menyikapi tantangan isu berita hoax. Itu menjadi salah satu poin penting untuk menggandeng para investor.

“Kemudian kita sebagai media digital juga optimistis melihat dari sisi bisnisnya. Kalau kita lihat situasi di dunia digital saat ini sebetulnya ada beberapa poin penting, yakni konten, penyebaran hoax itu seperti apa ditanggulangi yang dalam hal ini dan proses bisnisnya,” katanya.

Poin penting dari rakernas itu bakal dijadikan pertimbangan untuk menjadi program AMSI dalam satu tahun ke depan.

“Sedangkan untuk rakernasnya sendiri akan dibicarakan bagaimana proses satu tahun ke depan nanti, mulai program-program dasar apa yang memungkinkan, apa yang harus kita lakukan dengan lahirnya asosiasi ini, industri digital ini sendiri, dan publik sebagai konsumen dari media itu sendiri, yang saya rasa akan kita dapatkan saripatinya dari rakernas ini nanti,” ucap Wens.(mtd/min)

=====================

Komentar Anda