Universitas Sumatera Utara (USU). / Raden Armand for medanToday.com

medanToday.com, MEDAN, Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN) mengumumkan hasil Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian terbaru.

Hasil evaluasi itu adalah pemeringkatan kampus di Indonesia berdasarkan kualitas kinerja penelitian masing-masing perguruan tinggi. Menurut catatan versi Kemenristek 2019 Universitas Sumatera Utara (USU) berada di peringkat ke-15 kampus terbaik di Indonesia.

“Kita bersyukur dan bangga USU masuk di posisi ke-15. Capaian di bidang riset itu sangat membanggakan,” kata Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, Rabu (20/11)

Runtung mengatakan, dalam tiga tahun ini, USU berhasil naik 36 peringkat dari peringkat 51 pada 2016 menjadi peringkat 15 pada 2019. Selain itu USU Juga sudah masuk katagori Lembaga Penelitian Mandiri.

Demikian juga dengan kinerja Pengabdian Masyarakat 2019, USU mengalami kenaikan hingga 45 peringkat, dari peringkat 52 pada 2016, saat ini di peringkat ke-7. Keberhasilan itu adalah hasil kerja keras bersama seluruh civitas akademika USU.

Seiring dengan prestasi yang membanggakan itu, pihaknya terus mendorong civitas USU untuk meningkatkan penelitian dan penulisan jurnal ilmiah berstandar internasional seperti Scopus.

Pemeringkatan berbasis kinerja penelitian ini disampaikan Menteri Ristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam konferensi pers “Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2016-2018” di Gedung II BPPT, Jakarta (19/11)

Berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok Mandiri, 146 perguruan tinggi kelompok Utama, 479 perguruan tinggi kelompok Madya, dan sebanyak 1.305 perguruan tinggi kelompok Binaan.

Jumlah kontributor sebanyak 1.977 perguruan tinggi, meningkat dari periode tahun 2013-2015 yang hanya mencapai 1.447 perguruan tinggi.

Berikut data peringkat 1 hinggga ke 15 universitas terbaik di Indonesia. Peringkat pertama diduduki Universitas Gadjah Mada (UGM) disusul Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang dan Universitas Sumatera Utara.

(mtc/rdn)

Komentar Anda