Cobain Sensasi Berendam di Kolam Air Soda, Yuk!

medanToday.com, TAPUT – Mungkin di antara kalian masih terasa asing, bagaimana bisa air soda digunakan untuk berendam dan berenang. Faktanya kolam alami dengan air berkarbonasi ini memang benar-benar ada dan hanya ada dua kolam di dunia.

Kolam yang pertama ada di Venezuela, dan yang kedua ada di Tapanuli Utara. Kalian boleh bersyukur karena tidak perlu jauh-jauh ke Venezuela untuk merasakan sensasi kesegaran berendam di kolam air soda. Hanya perlu menaiki bus als saja, kamu sudah bisa sampai ke sana dan menikmatinya.

Kolam air soda ini pertama kali ditemukan oleh Minar Sihite pada tahun 1973 lalu. Ia kemudian merawat dan menjaga kelestarian kolam alami tersebut hingga kini. Meskipun disebut soda, akan tetapi air yang ada di kolam ini tidak membuat lengket di kulit lho.

Hal ini terjadi karena sumber air kolam ini sebenarnya adalah langsung dari kaki bukit Parbubu I. Jadi bukan seperti soda yang sering kita minum itu ya. Air soda yang oleh masyarakat lokal mengenalnya dengan Aek rara dinamakan demikian karena memiliki banyak gelembung-gelembung alami yang keluar dari dalam kolam. Persis seperti saat kita melihat botol soda untuk diminum.

Kolam air soda ini cocok kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga besar. Kolam air dibuat tidak terlalu dalam, yakni hanya sekitar 160cm saja. Untuk pengunjung anak-anak, akan disediakan pelampung ban gratis agar mereka juga bisa menikmati sensasi air soda ini.

Kolam air soda yang dikenal sebagai aek rara ini terletak di Desa Parbubu, Tarutung, Tapanuli Utara. Kamu bisa menggunakan bus als dan memakan waktu tempuh sekitar 8 jam perjalanan dari kota Medan. Ada papan penunjuk arah yang memudahkan serta akses jalan beraspal yang bagus.

Jika kamu membayangkan harus membayar mahal untuk merasakan kolam unik yang cuma ada 2 di dunia ini, maka buang jauh-jauh pikiranmu tersebut. Karena pengelola kolam umum ini tidak memungut sepeser pun untuk tiket masuk. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli jajanan yang ada di sekitar kolam. Murah, meriah, dan menyenangkan bukan?

Hal lainnya yang harus kamu ketahui sebelum pergi ke sana adalah, kolam air soda ini dipercaya oleh penduduk setempat memiliki manfaat positif bagi mereka yang mandi di sini. Dengan berendam di air kolam ini bisa membuat kulitmu lebih kencang dan sehat. Air kolam ini juga dipercaya bisa menghaluskan kulit tubuhmu. Jangan lupa memakai kacamata renang ya, agar tidak iritasi saat berendam.

Ternyata air soda memiliki manfaat yang positif juga kan? Kesegaran sensasi gelembung air yang mengelilingi tubuhmu tak mungkin bisa kamu lupakan deh. Jangan lupa untuk memesan tiket bus als untuk menuju ke sana ya. (mtd/yud)

 

 

=======================

 

 

 

Komentar Anda