Dies Natalis USU, ada Ajang Pencarian Bakat

Kahumas USU Elvi Sumanti saat membuka konfrensi pers tentang Dies Natalis ke-67 di USU. (istimewa/medantoday)

Uang sebesar Rp20juta telah tersedia dalam memeriahkan Dies Natalis Universitas Sumatera Utara (USU) ke-67tahun. Sejumlah kegiatan menarik ada sejak, Kamis (12/9) sampai 21 September mendatang.

Ketua Panitia Dies Natalis USU Prof Dr Dra Ida Yustina, M.Si menyebutkan ada yang menarik dalam kegiatan kali ini, yakni USU Got Talent. Serupa ajang cari bakat civitas akademi USU yang berlokasi di Auditorium USU.

“Rabu (18/9), akan ada kunjungan fakultas oleh siswa-siswi Kota Medan yang bertempat di fakultas lingkungan USU. Di hari yang sama juga ada pagelaran seni oleh civitas akademika USU di Auditorium USU. Kamis (19/9) ada seminar nasional yang bertemakan tentang “Pembangunan untuk Kemandirian Masyarakat” di Auditorium USU. Pada seminar nasional ini narasumber adalah tokoh ternama seperti, Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Drs Sutedjo ( Wakil Bupati Kulon Progo), Nadiem Makarim (CEO Gojek Indonesia), Syarif Pasha (Walikota Jambi) dan Prof Rully Indrawan,”ujarnya, Kamis (12/9) siang.

Ida Yustina melanjutkan, Jum’at (20/9), USU memberikan edukasi seks pada para mahasiswa dan pelajar. Dalam kegiatan ini akan diikuti oleh 1.600-an pelajar dan mahasiswa di Auditorium USU.

“Kemudian, akan ada kegiatan bakti sosial dan USU Family Day yang diselenggarakan civitas akademika USU dari mulai 18 September hingga 21 September seperti, jalan sehat, bazar, kecantikan, donor darah, lomba memancing, lomba cerdik, pemeriksaan gigi dan pemeriksaan kesehatan. Ada juga pameran stand UKM yang akan diikuti 67 stand UKM. Setelah itu, hari puncak akan diselenggarakan pada Selasa (24/9). Dimana, di hari puncak ini akan diadakan orasi ilmiah,”ucapnya.

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, mengapresiasi seluruh upaya dan kerja keras yang dilakukan panitia, sehingga acara ini dapat terlaksana dan diharapkan berjalan dengan lancar hingga selesai.

“Berdasarkan yang diinformasikan panitia, acara USU GOT TALENT 2019 ini akan diisi oleh penampilan 100 peserta yang berasal dari civitas akademika USU. Dimana, mereka akan menampilkan kebolehan dan kreativitasnya di atas panggung yang nantinya akan dapat kita simak bersama. Siapapun yang terbaik, pasti akan mendapatkan gelar juara beserta hadiah yang telah disediakan panitia.Tercatat total hadiah yang disediakan untuk para pemenang sebesar Rp 20 juta rupiah. Sebuah hadiah yang bernilai cukup besar untuk memotivasi para peserta agar semakin bergiat untuk mengasah dan mengembangkan talentanya,”tuturnya.

Menurutnya, acara USU Got Talent ini digelar bertujuan untuk menjaring dan meningkatkan kreativitas mahasiswa serta civitas akademika USU yang beragam, sehingga dapat menyaring potensi-potensi yang terpendam.

Kemudian sebutnya, ada delapan cabang seni yang akan diperlombakan dalam kesempatan ini, yaitu master of ceremony (MC), stand up comedy, sulap, tari, paduan suara, puisi, violin dan band. Berdasarkan data panitia, jumlah peserta yang mendaftar ada 120 grup, namun yg mendaftar ulang sampai hari terakhir sebanyak 83 group.

“Sementara dewan juri yang bertugas terdiri dari lima orang juri profesional dengan latar belakang etnomusikologi, perilaku, jurnalis, profesional musisi dan psikologi. Dengan begitu, maka tampilkanlah kreativitas dan kemampuan Anda semua dengan baik. Agar hasil yang diperoleh nantinya pun juga baik,”ujarnya.

Turut hadir pada acara temu pers diantaranya, Wakil Ketua Dekan Fakultas Keperawatan USU Setiawan, S.Kp, M.N.S., Ph.D dan Sekretaris Panitia Destanul Aulia, Kahumas Elvi Sumanti, ST, M Hum. (rdn/mtd)

Komentar Anda