Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan (Ariandi)

medanToday.com, SUMUT – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, M Alwi Mujahit mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pelatihan kepada tenaga kesehatan dalam mengaplikasikan vaksinasi Covid-19. Namun, dia belum bisa memastikan kapan vaksinasi bisa dilakukan.

“Saat ini sudah memasuki pelatihan angkatan kedua. Ini berlaku di semua kabupaten atau kota. Tapi kapan vaksinnya masuk belum tau, kita masih menunggu,” katanya, Jumat (13/11).

Menurut Alwi, vaksin Covid-19 sudah melalui serangkaian uji coba, baik di laboratorium, kepada hewan hingga relawan. Setelah dievaluasi baru diberikan kepada masyarakat.

“Setelah diberikan pun tetap akan dievaluasi. Jadi uji vaksin ini, mulai dari yang terbatas sampai terluas sampai dianggap aman,” jelasnya

Alwi juga mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi miring soal vaksinasi Covid-19.

“Permasalahan vaksin ini sudah direncanakan pemerintah dan tentunya tidak mungkin mencelakakan rakyat. Jadi kalau ada berita-berita miring soal vaksin rasanya tidak masuk akal dan nggak perlu didengarkan, carilah informasi yang benar,” katanya.

Alwi mengatakan, Pemprov Sumut melalui Dinas Kesehatan masih tetap menjadwalkan vaksinisasi Covid-19, yang akan dilakukan pada November 2020 ini. Namun, pemerintah pusat melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, belum mengeluarkan pemberitahuan bahwa akan ada perubahan jadwal.

“Jadwalnya masih November ini, tapi kita belum tahu kapan. Sejauh ini belum ada pemberitahuan soal perubahan jadwal,” ujarnya. (mtd/cis)

Komentar Anda