ILUSTRASI. (sumber:internet)

medanToday.com,MEDAN – Media Siber/Online MEDANTODAY.COM terpilih sebagai salah satu media penerima dana hibah Program Google News Initiative bertajuk Journalism Emergency Relief Fund (JERF). Manajemen MEDAN TODAY (Media Tunas Digital) akan memanfaatkan dana tersebut untuk penguatan redaksional.

“Ada 5.300 media di seluruh dunia yang mendapatkan pendanaan dari Google. Syukurlah, kami dari MEDANTODAY.COM bisa lolos. Semoga bantuan dana hibah ini semakin memotivasi dalam bekerja di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ungkap Pemimpin Umum medanToday.com, Dedi Putra Sinuhaji, Kamis (25/6/2020).

Dedi mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak Google News yang menginisiasi program ini di tengah kondisi ekonomi dunia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Dana hibah ini akan kami gunakan semaksimal mungkin dan pertanggungjawabannya akan kami laporkan secara transparan ke pihak Google,” kata Dedi.

Pemimpin Umum medanToday.com , Dedi Putra Sinuhaji (kiri). Ist

Menurut Dedi, Google sebelumnya membuka pendaftaran selama lebih dari dua pekan di bulan April 2020 dengan pengajuan proposal sebanyak 12.165 aplikasi dari 140 negara. Terdapat 90 persen di antaranya berasal dari media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis.

“Kami ikut mengajukan proposal yang semuanya berbahasa inggris. Seingat saya menjelang hari penutupan pendaftaran kami mencoba isi formulir, syukurnya diterima. Memang banyak tahapan yang diberikan dari pihak Google setelah dinyatakan diterima,” ujar Dedi Sinuhaji, yang juga Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumut ini.

Selama proses tersebut, tim Google News Initiative melibatkan lebih dari 300 karyawan Google yang ikut serta dalam seleksi pendaftaran, serta menggelar belasan webinar dalam prosesnya.

Tim Google News Initiative melakukan review berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, yaitu media yang beroperasi di wilayahnya sendiri, menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu, serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Bantuan yang diberikan, mulai dari $ 5.000 – $ 30.000. Media yang mencakup sejumlah publikasi di bawah satu organisasi dibatasi pada $ 85.000.

Penerima terbanyak berbasis di kawasan Amerika Utara dengan lebih dari 1.800 media (dari 3.050 lebih pendaftar), diikuti kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika dengan total lebih dari 1.550 media (4.700 lebih pendaftar).

Selanjutnya kawasan Amerika Latin dengan lebih dari 1.050 media (lebih dari 2.350 pendaftar). Sementara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, ada lebih dari 800 media yang menerima dana dari 2.000 lebih pendaftar.

Seperti diketahui, medanToday.com (PT.Media Tunas Digital) adalah sebuah media informasi yang terus bergerak bersama semangat perubahan. Diluncurkan sejak tahun 2016, konten yang disajikan di medanToday.com sudah dikunjungi jutaan pembaca.

=====================

Komentar Anda