medanToday.com,MEDAN – Gagal di Pilgub Sumut tak membuat Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus mundur dari dunia politik. Mantan cagub dan cawagub Sumut ini justru lolos ke DPR RI sebagai wakil rakyat dari Sumatera Utara.

Djarot yang merupakan caleg PDIP maju dari dapil Sumut III meliputi Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kota Pematangsiantar, Simalungun, Pakpak Barat, Dairi, Karo, Kota Binjai, Langkat, dan Batu Bara.

Sementara Sihar yang berasal dari partai yang sama, maju melalui dapil Sumut II yang meliputi 19 kabupaten/kota yakni, Kabupaten Labuhanbatu, Labusel, Labura, Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Tapteng, Taput, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Padanglawas, Padanglawas Utara.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih menyebut, selain Djarot dan Sihar, nama nama petahana seperti Trimedya Panjaitan, Junimart Girsang, hingga Sofyan Tan juga sudah aman untuk ke Senayan.

“Djarot, Trimedya, Sihar, Laoly, Junimart, sama Sofyan Tan. Dua (caleg) bisa kita katakan dari dapil (Sumut) satu dua tiga sudah boleh kita katakan masuklah,” kata Japorman seperti dikutip dari laman kumparan, Kamis (9/5).

“Untuk Sumatera Utara aman sudah pasti itu enam orang,” tambahnya.

Namun, Japorman enggan membeberkan perolehan suara terkini untuk keenam caleg DPR yang lolos. Sebab, menurutnya, rekapitulasi di KPUD Sumut hingga saat ini belum berakhir.

“Belum, masih hitung. Sampai sekarang belum kita tahu. Sore nanti barangkali dapat hasilnya,” katanya.

Japorman menyebut, ada kemungkinan dari dapil Sumut III, PDI Perjuangan akan mendapatkan satu kursi lagi. Namun ia mengaku belum tahu siapa orangnya karena masih proses rekapitulasi suara yang masih berlangsung.

“Sumut III Djarot, Junimart, dan menyusul mungkin satu lagi penambahan dari dapil III yang sudah pasti, tapi belum tahu orangnya, dalam penghitungan,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, Djarot-Sihar kalah dengan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah dalam Pilgub Sumut pada Juni 2018 lalu.(mtd/min)

======================

Komentar Anda