ILUSTRASI Pria remaja saat sedang berselancar di media sosial menggunakan smartphone di Medan. Foto: Dedi Sinuhaji for medanToday.com

medanToday.com,MEDAN – Praktisi Wirausaha dan Dosen IPB, Soni Trison, memaparkan bahwa kita bisa menjadi sebaik-baik manusia yang memberikan manfaat ke orang lain, yaitu dengan berwirausaha. Buatlah produk lalu promosikan, dan branding produk dengan harga yang lebih murah.

Menurutnya Feedback dari pembeli merupakan layanan yang diberikan marketplace untuk kualitas produk dan penjual. Namun diakuinya untuk memulai bisnis online gampang-gampang susah, butuh strategi.

“Kita butuh strategi untuk meraih jaringan yang luas. Ia menambahkan bangun terus energi, networking, dan relasi,” katanya dalam Webinar di Kota Medan, dengan mengusung tema “Peluang dan Tantangan Bisnis Online di Era Digital” pada 24 Juni 2021.

Owner Deenee Gallery, Niken Rizki Amalia, menjelaskan beberapa keuntungan dari transaksi online yaitu aman, bisa dilakukan kapan saja, cepat, mudah, dan hemat tenaga.

Jenis-jenis pembayaran digital yang tersedia saat ini yaitu SMS banking, internet banking, m-banking, dan e-money. Untuk mengamankan transaksi online buat password yang kuat, gunakan dua factor authentication dan amankan kode OTP, cek setting “izin aplikasi” pada handphone, menggunakan email untuk registrasi akun, jangan klik link yang mencurigakan, dan ganti password secara berkala.

Dekan FEBI UIN Sumut, Muhammad Yafiz, menjelaskan bahwa seorang entrepreneur harus memiliki growth mindset atau kegagalan adalah kesempatan untuk tumbuh. Kemampuan paling dasar dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras, otak dan bakat hanyalah titik awal.

“Jangan berpikir bahwa apa yang sudah kita capai saat ini sudah final, melainkan kita harus memperbarui terus. Paradigma dalam membangun bisnis, yaitu integritas, menyukai belajar hal-hal baru, kemampuan memanfaatkan waktu dan peluang serta menciptakannya, beradaptasi pada perubahan, rendah hati, dan murah hati,” jelasnya.

Komisaris PT. Mina Mulia Perkasa dan Ketua IKABOGA Kota Medan, Wan Muhammad Hasbullah, mengatakan kesuksesan dalam bisnis itu ditentukan oleh 95% mindset (pola pikir & pola sikap) serta 5% skill.

Empat kaki meja bisnis, yaitu marketing, production, sumber daya manusia, dan financial. Business owner dengan mental yang kuat, akan mendorong kepemimpinan yang kuat, kepemimpinan yang kuat akan mendorong kinerja yang hebat, kemudian kinerja yang hebat akan mendorong cost yang rendah.

========================

Komentar Anda