Gempa di Padangsidempuan, BMKG Minta Masyarakat Tenang

ILUSTRASI Gempa. (sumber:internet)

medanToday.com,MEDAN – Terjadi gempa tektonik di daerah Padangsidempuan, Sumatera Utara pada Senin, 4 Desember 2017 sekitar pukul 00.01.30 Wib. Gempa yang terjadi selama dua kali ini, untungnya tidak menimbulkan korban jiwa ataupun kerusakan bangunan.

Hasil analisis dari BMKG menunjukkan gempat yang berkekuatan M=3,0 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,17 LU dan 99,33 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Tenggara Padang Sidempuan, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Sedangkan untuk Gempabumi berikutnya terjadi pukul 00.06.36 WIB dengan parameter gempabumi berkekuatan M=3.0 pada koordinat episenter 1.70 LU dan 99.35 BT pada jarak 15 km Timurlaut Tapanuli Selatan. Kedua sumber gempabumi berada pada kedalaman hiposenter 10 km.

Menurut kesaksian masyarakat yang berada di wilayah tersebut, gempa berskala kecil ini tak terlalu dirasakan getarannya. Diduga, gempa bumi tektonik ini akibat aktivitas sesar lokal dekat zona sesar Sumatera.

Kepala BMKG Wilayah I, Edison Kurniawan, S. Si., M. Si mengatakan agar masyarakat untuk tetap tenang.

“Saya meminta kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tapsel, Padangsidempuan, dan sekitarnya untuk tetap tenang dan jangan terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.(mtd/fri)

=============

Komentar Anda